Sabtu 16 Maret 2019, 16:04 WIB

Ada Penyegelan, Humas Sebut Pelayanan Kemenag Jatim Tetap Jalan

Heri Susetyo | Nusantara
Ada Penyegelan, Humas Sebut Pelayanan Kemenag Jatim Tetap Jalan

Ruang Kakanwil Kemenag Jatim Disegel KPK -- MI/Heri Susetyo

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel ruang dinas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur di Jalan Raya Juanda Kabupaten Sidoarjo. Humas Kanwil Kemenag Jatim, Markus, mengatakan OTT ini tidak akan berpengaruh pada pelayanan di Kanwil Kemenag Jatim. Sebab, pelayanan di kantor ini sudah tersistem sehingga tetap bisa berjalan meskipun Kakanwil Kemenag Jatim sudah menjadi tersangka.

Pihaknya juga akan kooperatif dengan KPK apabila membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut di Kanwil Kemenag Jatim. Markus menambahkan, keluarga besar Kanwil Kemenag Jatim prihatin dengan kasus tertangkapnya Kakanwil mereka itu. Bahkan, selain Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanudin, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi juga terciduk dalam OTT KPK di Hotel Bumi Surabaya tersebut.

Baca juga: Ruang Kepala Kemenag Gresik Disegel KPK

"Terkait kebijakan apakah nanti ada Plh ataukah Plt di kantor ini, kami menunggu kementerian agama pusat," kata Markus, Sabtu (16/3).

Demikian pula dengan kebijakan di Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, pasca OTT itu, Markus juga akan menyerahkan kebijakannya dari Kementerian Agama pusat. Kanwil Jatim tidak bisa begitu saja mengambil alih kebijakan di kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Adapun, penyegelan dilakukan untuk pengembangan pemeriksaan lebih lanjut terkait operasi tangkap tangan (OTT) dugaan kasus jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jatim ini.

Penyegelan ruang Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanudin tersebut dilakukan oleh tiga penyidik KPK pada Jumat (15/3) sore kemarin. Penyegelan dilakukan beberapa saat setelah para terduga OTT dibawa ke kantor KPK Jakarta.

Penyegelan ini sendiri luput dari awak media yang menunggu di Kanwil Kemenag Jatim hingga Jumat sore kemarin. Awak media baru bisa mengambil ruangan yang disegel pada Sabtu (16/3) siang, menunggu izin dari Markus.

Baca juga: KPK Bantah Jebak Romahurmuziy

Seperti diketahui, KPK melakukan OTT Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy di Hotel Bumi Surabaya, Jumat (15/3) kemarin. Penangkapan itu terkait dugaan jual beli jabatan di tubuh Kanwil Kemenag Jatim. Kakanwil Kemenag Jatim dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Gresik juga ikut dibawa dalam OTT KPK itu.

Padahal, Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanudin baru dilantik pada 5 Maret lalu atau baru 10 hari bekerja menjadi Kakanwil. (OL-6)

 

Baca Juga

DOK MI

Kabakaran di Padalarang Tewaskan Seorang Anak

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 29 September 2022, 18:46 WIB
KEBAKARAN yang terjadi di Kampung Sudimampir, RT 04 RW 24 Desa/Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis...
MI/HARYANTO

Semen Gresik Apresiasi Inovator Terbaik di Perusahaannya

👤Haryanto 🕔Kamis 29 September 2022, 18:35 WIB
Gelaran SGIC V tahun 2022 berhasil menjaring 42 karya inovasi dari...
ANTARA/Adwit B Pramono

Basarnas Manado Tingkatkan Kemampuan Penyelamatan di Gedung Runtuh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 18:34 WIB
Monce Brury mengatakan latihan ini sangatlah penting untuk penyelamatan korban di gedung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya