Selasa 03 Maret 2015, 00:00 WIB

Gempa Diduga Picu Semburan Lumpur

Palce Amalo | Nusantara
Gempa Diduga Picu Semburan Lumpur
 
MESKI tidak menimbulkan korban dan kerusakan, gempa 7,1 skala Richter yang terjadi Jumat, pekan lalu, diduga menjadi penyebab munculnya semburan lumpur dingin di Desa Uiasa, Kecamatan Semau, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Lokasi gempa terjadi di Laut Flores di barat laut Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, dan getaran gempa dirasakan kuat di Kupang, yang berjarak sekitar 312 kilometer.

"Setelah gempa, Sabtu siang semburan lumpur muncul dan sampai hari ini sudah 4 hektare lahan tanaman padi yang tertutup lumpur. Lumpur sudah meluber sejauh 500 meter dari titik semburan dan menimbulkan keretakan tanah," papar Kepala Desa Uiasa, Kalvin Massa, tadi pagi.

Kejadian itu menarik perhatian warga dan mereka berdatangan ke lokasi semburan. "Kami khawatir jangan sampai semburan lumpur ini sama persis semburan lumpur yang terjadi di Sidoarjo," ujar Kalvin.

Sampai hari ini, petugas dari dinas pertambangan dan energi atau pakar pertambangan belum datang ke lokasi semburan. Padahal lumbur telah meluber mendekati permukiman penduduk.

Berbeda dengan semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, lumpur yang muncul di Kupang ini langsung mengering dan tidak tercium bau belerang maupun gas.

Di tempat terpisah, Kabid Migas dan Panas Bumi, Dinas Pertambangan dan Energi NTT Abraham Lettik mengatakan masih menanti laporan dari Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kupang sebelum menurunkan tim ke lokasi semburuan. "Kami tidak memiliki peralatan untuk meneliti kandungan lumpur, serta penyebab munculnya semburan lumpur. Dalam kasus ini, kami akan menyurati Badan Geologi di Bandung, dan tim ahli dari sana yang akan meneliti fenomena ini." (N-3)

Baca Juga

Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...
DOK

Proses Hukum Kasus Narkoba Sekda Nias Utara Diminta tetap Berjalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:40 WIB
Sebagai ASN tertinggi di Nias Utara seharusnya Yafeti menjadi teladan bagi masyarakatnya. Bukan malah melakukan tindakan tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya