Rabu 07 Juni 2017, 20:45 WIB

Kapolri Janjikan Arus Mudik Tahun ini Lebih Baik

Nicky Aulia, Supardji Rasban | Nusantara
Kapolri Janjikan Arus Mudik Tahun ini Lebih Baik

ANTARA/OKY LUKMANSYAH

 

KAPOLRI Jendral Tito Karnavian menjanjikan arus mudik Lebaran di Pulau Jawa akan lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Salah satu sebabnya, penumpukan kendaraan pada tahun lalu di exit tol Brebes (Brexit) kini bisa terurai dengan dengan beroperasinya jalan tol sepanjang 110 kilometer hingga Gringsing, Jawa Tengah.

Kapolri bersama sejumlah penabat Mabes Polri, Dirut Pertamina, Dirjen Perhubungan Darat, Dirut Jasa Marga, Kapolda Jawa Tengah, Kapolda Jawa Barat, Bupati Purwakarta dan Bupati Karawang memantau sejumlah titik di jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Kami melihat bahwa untuk tahun ini Insya Allah arus mudik akan jauh lebih baik. Sekarang dengan perbaikan infrastruktur yang dipercepat oleh Pak Presiden itu sudah ada tambahan jalan dari Brebes Timur sampai dengan ke Grinsing sudah dekat Weleri," kata Tito di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat.

Jalan tol sepanjang 110 kilometer hingga ke area Gringsing, Jawa Tengah tersebut diharap bisa mengurai arus lalu lintas di area Brexit. Pintu keluar tol di Gringsing sendiri hanya berjarak sekitar 40 kilometer dari Semarang.

Namun, jalur perpanjangan hingga ke Gringsing ini baru berlaku untuk kendaraan kecil. Bus maupun kendaraan besar lainnya diarahkan untuk keluar di Brebes Barat.

"Jadi yang mau ke Batang, Pemalang, Pekalongan, ke Tegal termasuk ke Slawi, bisa keluar karena cukup banyak pintu-pintunya sehingga tidak perlu lewat Brexit lagi, mereka bisa langsung," jelas Tito.

Pun begitu, Tito memprediksi tetap akan ada penumpukan di area Brebes Timur. Sebab area ini merupakan bottleneck antara exit tol Brebes Timur dengan kendaraan yang melalui jalur pantura.

Di area ini akan disiagakan sejumlah pos pelayanan dengan fasilitas bengkel, kesehatan, makanan, hingga bensin eceran. Pemudik juga bisa menghubungi nomor telepon tertentu dalam keadaan darurat agar didatangi oleh petugas.

Sementara itu arus kendaraan dari Brebes Timur ke arah selatan menuju Purwokerto yang sebelumnya terhambat oleh lima perlintasan kereta api, kini telah dibangun empat jembatan layang untuk menghindari antrean di perlintasan kereta api.

Kapolri menyebut progress pembangunan tiga jembatan telah mencapai 90% dan satu lainnya telah mencapai 75%. "Jadi cuma satu lintasan kereta nanti di daerah Karang Sawah. Nah itu cuma satu saja. Tapi satu jauh lebih baik dibanding lima pada tahun lalu. Itu nanti akan diatur oleh petugas yang ada di sana," tukasnya. (X-12)

Baca Juga

MI/Jamaah

Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus, Ribuan Warga Berburu Nasi Jangrik

👤Jamaah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:16 WIB
Nasi jangkrik merupakan nasi yang dibungkus memakai daun jati dengan lauk daging kerbau atau...
Dok. Bluebird

Bluebird-BIMC Hospital Bali Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Pengemudi dan Karyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:46 WIB
Panca menambahkan, pengemudi sebagai garda terdepan mempunyai tanggung jawab sebagai pemberi pertolongan pertama, mengingat pengemudi...
MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya