Jumat 22 Juli 2022, 14:46 WIB

Anies: Fashion Show di Zebra Cross Dukuh Atas Tidak Dilarang

Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan
Anies: Fashion Show di Zebra Cross Dukuh Atas Tidak Dilarang

Dok. Antara Foto
Lokasi 'Citayam Fashion Week' di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat yang dipenuhi remaja SCBD

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan kegiatan fashion show di kawasan Duku Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat masih diperbolehkan. Pihaknya memastikan tidak ada laranggan untuk menggelar kegiatan tersebut.

Pernyataan Anies itu merespon keputusan Pemerintah Kota Jakarta Pusat yang melarang adanya fashion show di zebra cross di kawasan Dukuh Atas. Larangan tersebut tengah ramai diberitakan oleh media massa.

"Selama belum ada surat, maka belum ada larangan. Iya dong, masak kutipan. Kutipan kan anda (wartawan) tahu kan cara mengutip gimana," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, hari ini.

Anies menjelaskan apabila aturan yang tidak dilandaskan dengan surat tidak dapat dijadikan sebagai ketentuan. Sebab, aturan hanya dapat ditegakan dengan adanya surat resmi.

Oleh karenanya, Anies menilai pernyataan anak buahnya yang melarang adanya fashion show di kawasan Dukuh Atas bukan merupakan ketentuan. Melainkan hanya tanggapan atas pertanyaan awak media terkait fenomena maraknya remaja yang nongkrong di daerah tersebut.

Baca juga: Polisi Sebut Penangkapan Nikita Mirzani Sesuai Prosedur

"Negara itu tidak diatur lewat komentar. Negara itu diatur lewat regulasi. Selama tidak ada regulasinya, berarti tidak ada larangan," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat tegas melarang kegiatan fashion show yang menggunakan zebra cross di kawasan Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pengguna kawasan setempat diminta mematuhi peraturan.

"Jangan bikin acara catwalk-nya atau fashion show di zebra cross. Mohon semuanya patuhi aturan-aturan tentang pemakaian trotoar," tegas Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, kemarin.

Irwandi mengatakan zebra cross berfungsi bagi pengguna jalan lainnya. Para remaja Sudirman Citayam Bojonggede Depok (SCBD) diminta tak membuat kegiatan di atas zebra cross.

"Akibat kegiatan itu ada pengguna jalan yang menjadi terganggu, itu bukan para remaja SCBD saja yang pakai, tapi banyak orang yang pakai," tegas Irwandi.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Maulana Surya

Pembunuh Hewan Punya Indikasi Jadi Pembunuh Sesama Manusia

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:25 WIB
Davina mengecam tindakan itu dan meminta agar pelaku dapat dihukum untuk memberikan efek...
Dok. BPC HIPMI Kepualaun Seribu

BPC HIPMI Kepulauan Seribu Kawal Proyek Strategis Nasional Pariwisata

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 19:19 WIB
Perekonomian Kepulauan Seribu disebut telah pulih di atas 50-60 persen dibandingkan sebelum...
DOK MI.

Sopir Taksi DPO Kasus Pencabulan Anak Serahkan Diri

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:07 WIB
Sopir taksi bernama Ali Suyatno, 50, menyerahkan diri ke polisi setelah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) dalam kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya