Kamis 05 Mei 2022, 20:51 WIB

Pemudik Transportasi Umum Mencapai 7,2 Juta Orang

Fachri Audhia Hafiez | Megapolitan
Pemudik Transportasi Umum Mencapai 7,2 Juta Orang

Antara
Sejumlah kendaraan mengantre untuk memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4)

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mencatat lebih dari 7,2 juta orang sudah mudik menggunakan transportasi umum. Jumlah pergerakan penumpang itu berdasarkan data kumulatif dari H-7 hingga H+1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 25 April-4 Mei 2022.

"Hingga H+1 kemarin, total pergerakan penumpang angkutan umum pada angkutan lebaran tahun ini mencapai 7.219.715 penumpang," kata juru bicara Kemenhub Adita Irawati melalui keterangan tertulis (5/5)

Adita memerinci masing-masing penumpang moda transportasi umum selama periode tersebut. Pergerakan penumpang penyeberangan masih menjadi yang tertinggi yakni sebanyak 2.158.947 orang.

"Data itu berdasarkan pemantauan lima pelabuhan penyeberangan yaitu, Gilimanuk, Bakauheni, Merak, Ketapang, dan Kariangau," ungkap Adita.

Berikutnya, angkutan udara atau pesawat sudah mengangkut 1.792.948 penumpang. Data itu diperoleh dari keberangkatan terpadat di lima bandar udara (bandara) yaitu, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Sedangkan, angkutan jalan atau bus tercatat digunakan 1.415.000 penumpang pada periode pemantauan yang sama. Jumlah itu berdasarkan pemantauan di Terminal Kertonegoro Ngawi, Terminal Purboyo Madiun, Terminal Ir. Soekarno Klaten, Terminal Giwangan Yogyakarta, dan Terminal Tirtonadi, Solo.

Selanjutnya, penumpang angkutan kereta api tercatat 1.168.562. Jumlah itu berdasarkan data pergerakan di lima daerah operasi (Daop) yakni, Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop II Bandung, dan Daop IV Semarang.

Lalu, angkutan laut telah membawa sebanyak 684.258 penumpang. Data itu berdasarkan pemantauan di pelabuhan keberangkatan Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

Data kumulatif tersebut masih bersifat sementara. Angka tersebut berpotensi mengalami perubahan. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Pembangunan ITF Mangkrak, DPRD DKI Minta Ditinjau Ulang

👤Hilda Julaika 🕔Senin 23 Mei 2022, 17:49 WIB
Pembangunan ITF di Jakarta Timur untuk melayani pembuangan sampah dari wilayah Jakarta Barat, dinilai Komisi D DPRD sangat tidak masuk...
MI/RAMDANI

Ancol Ditutup untuk Umum Saat Formula-e, Hanya bagi Pemilik Tiket

👤Mediaindonesia 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:10 WIB
Hanya pemegang tiket Formula E saja yang boleh masuk ke kawasan Ancol. Hal ini disampaikan dalam keterangan resmi di situs situs...
Antara

Renovasi Kawasan TMII Rampung September Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 23 Mei 2022, 15:06 WIB
Anggaran yang dialokasikan untuk renovasi kawasan TMII mencapai Rp1,13 triliun. Diharapkan, kawasan TMII bisa dipakai untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya