Selasa 26 April 2022, 08:17 WIB

Mudik Gratis Upaya Pemprov DKI Tekan Angka Kecelakaan Roda Dua

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Mudik Gratis Upaya Pemprov DKI Tekan Angka Kecelakaan Roda Dua

dok.ant
Warga sedang mendaftar mengikuti mudik gratis Lebaran 2022

 

PEMPROV DKI Jakarta melakukan program mudik gratis tahun ini dengan memberangkatkan 11 ribu warga pada arus mudik dan 8 ribu warga untuk arus balik. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tujuan mudik gratis salah satunya adalah untuk menekan angka kecelakaan pada roda dua selama arus mudik dan arus balik.

Dalam program mudik gratis, Pemprov DKI juga menyertakan pengiriman kendaraan roda dua hingga sebanyak 31 truk yang terbagi dalam 22 truk untuk arus mudik dan 9 truk pada arus balik.

"Tentu tujuan mudik gratis ini bagaimana bisa kita menekan warga yang akan mudik dengan sepeda motor supaya bisa tidak menggunakan roda dua karena kita pahami bahwa roda dua tingkat fatalitas begitu terjadi kecelakaan sangat tinggi. Sehingga aspek keselamatan masyarakat pada mudik tahun ini begitu penting," kata Syafrin saat dihubungi, Senin (25/4).

Ia pun berharap tidak hanya pemerintah, pihak swasta pun dapat berperan besar dalam program mudik gratis. Pemprov DKI pertama kali mengadakan program mudik gratis pada 2019 silam. Pada 2020 dan 2021 program tersebut terhenti karena pandemi covid-19.

Di sisi lain, kuota jumlah peserta yang mengikuti mudik gratis telah penuh sejak akhir pekan lalu. Syafrin menegaskan tak ada penambahan kuota peserta

"Memang tidak ada ruang menambah kuota tapi kita mengimbau sektor swasta yang bisa membantu dalam penyediaan program mudik gratis tentu kami sangat berterima kasih," jelasnya.

Terdapat 17 daerah kota kabupaten yang menjadi tujuan program mudik gratis. Wilayah di Jawa Tengah seperti Solo dan Semarang serta Yogyakarta menjadi favorit dan paling banyak diminati peserta mudik gratis.

"Kalau Sumatera itu relatif, karena Sumatera itu kami siapkan di Lampung dan Palembang. di dua titik ini kuotanya sudah penuh karena memang busnya kami siapkan hanya sedikit sesuai dengan data yang ada," imbuhnya. (OL-13)

Baca Juga: Terminal Lebak Bulus Mulai Dipadati Pemudik

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarnaval 2022 Habiskan RP5,4 Miliar

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 15 Agustus 2022, 05:53 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata menyebutkan untuk anggaran yang diperlukan dalam acara Jakarnaval...
Dok MI

Pemuda di Tangerang Sekap dan Perkosa Perempuan 16 Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:42 WIB
Korban tidak kenal dengan pelaku, namun diketahui pelaku adalah teman dari teman lelaki...
Dok Polri

Polri Yakini Keterangan Putri Candrawathi Ungkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:57 WIB
"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS (Ferdy Sambo)," ujar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya