Sabtu 18 September 2021, 19:05 WIB

Ganjil-genap di Puncak-Cianjur Diusulkan Diterapkan Permanen

Mediaindonesia | Megapolitan
Ganjil-genap di Puncak-Cianjur Diusulkan Diterapkan Permanen

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Penerapan sistem ganjil genap di Jalan Raya Puncak, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

 

POLRES Cianjur, Jawa Barat, menilai penerapan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur-Bogor, efektif untuk diterapkan secara permanen disertai aturan hukum.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Sabtu menegaskan bahwa penerapan ganjil genap sebagai upaya mencegah terjadinya macet total di sepanjang jalur Cianjur hingga Bogor, terutama saat akhir pekan setelah PPKM dilonggarkan, sehingga mobilitas kendaraan dapat ditekan.

"Rapat kordinasi antar-kabupaten ini, seharusnya rutin digelar, sebagai upaya mencari solusi dari euforia warga Jabodetabek menuju kawasan Puncak. Tiga pekan penerapan ganjil genap di jalur Cianjur, Puncak dan Bogor, masih terkendali terutama di wilayah hukum Cianjur, " katanya.

Sehingga pihaknya mengusulkan ke pemerintah pusat, untuk menetapkan aturan dan sanksi layaknya penerapan ganjil genap di wilayah Jakarta, dimana diperkuat dengan peraturan daerah baik Cianjur maupun Bogor , agar kemacetan di jalur tersebut, setidaknya dapat teratasi.

Baca juga: Menhub Minta Polri Kawal Ketat Ganjil Genap di Puncak

Saat ada pelanggaran tutur dia, dapat dikenakan sanksi tilang oleh petugas, penerapan ganjil genap dinilai efektif menurunkan volume kendaraan dengan tujuan Puncak mulai dari Bogor atau sebaliknya dari arah Cianjur.

"Sejak pemberlakuan ganjil genap, Polres Cianjur dapat menekan mobiliitas kendaraan menuju Puncak dari Cianjur, hingga 50 persen saat akhir pekan dan Polres Bogor dapat menekan hingga 25 persen kendaraan dari Jabodetabek. Sehingga ganjil genap dapat diterapkan secara permanen disertai aturan dan sanksi tegas, " katanya.

Sementara dalam rapat evaluasi bersama antara Forkopimda Cianjur dan Kabupaten Bogor, sepakat mendorong ditetapkanya ganjil genap permanen di jalur tersebut, untuk sementara dengan harapan tetap dibangunnya jalur Puncak II sebagai solusi macet di Jalur Puncak.

"Kami sangat mendukung apa yang menjadi harapan Kapolres Cianjur dan Bogor, minimal dapat mengurangi volume kendaraan setiap akhir pekan. Kami mendorong dibuatnya aturan dan didukung dengan Perda di masing-masing kabupaten, " kata Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Sebelumnya Forkopimda dari Cianjur dan Bogor, menggelar rapat kordinasi di kawasan Puncak Pass, dimana dalam kegiatan tersebut, dihadiri Bupati Cianjur, Bupati Bogor, Kapolres Cianjur, Kapolres Bogor dan unsur pimpinan daerah lainnya, membahas penerapan ganjil genap di Jalur Puncak-Bogor-Cianjur, yang dinilai evektif menekan mobilitas dan kemacetan di jalur tersebut.(Ant/OL-4)

Baca Juga

Dok MI/Rommy Pujianto

16 Pengendara Motor Jatuh Akibat Jalanan Licin di Depok

👤Kisar Rajaguguk 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:44 WIB
jatuhnya belasan orang pengendara sepeda motor akibat ceceran tanah dari truk pengangkut tanah menimbun aspal sehingga kondisi jalan aspal...
Dok.MI

Kasus Naik Level ke Penyidikan, Pemeriksaan Rachel Vennya Minggu Depan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:41 WIB
Meskipun kasusnya sudah naik ke penyidikan, Rachel akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kecelakaan Bus Transjakarta, Polisi Sudah 11 Saksi diperiksa

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:24 WIB
Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan 11 saksi tersebut terdiri dari HRD, operator bianglala, hingga teman kerja...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya