Minggu 20 Juni 2021, 13:49 WIB

Cegah Kerumunan, Kartu Vaksin Kota Bekasi Diantar ke Rumah

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Cegah Kerumunan, Kartu Vaksin Kota Bekasi Diantar ke Rumah

MI/Rudi Kurniawansyah
Kartu vaksin diantara ke rumah

 

DEMI mencegah terjadinya kerumunan atau penumpukkan warga usai menjalani vaksinasi massal di stadion patriot candrabhaga Kota Bekasi, pemerintah setempat melalui satuan tugas pemantauan dan monitoring (satgas pamor) akan mengantarkan kartu vaksin sekaligus informasi vaksinasi kedua langsung ke rumah masing-masing.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan warga yang sudah diberikan vaksin langsung diarahkan untuk pulang ke rumah. Pasalnya, kartu vaksin nantinya akan diserahkan melalui satgas pamor wilayah masing-masing ke rumah dan memberikan informasi untuk tahap keduanya.

"Akan lebih efektif jika petugas pamor yang akan mengantar ke rumah masing-masing usai lakukan vaksin. Sehingga warga tidak perlu lagi menunggu informasi selanjutnya. Datang diberikan vaksin dan pulang tidak menunggu" tegas Wali Kota yang akrab disapa Pepen, Minggu (20/6).

Sebagai bentuk pencegahan Covid-19 di Kota Bekasi, Pemkot Bekasi sudah melakukan program vaksinasi massal yang terselenggara untuk wilayah 1 secara aman dan tertib, pada Sabtu (19/6) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Adapun vaksinasi diikuti sekitar 4.000 peserta dari wilayah 1 yang terdiri dari 4 kecamatan yaitu Bekasi Selatan, Bekasi Utara, Bekasi Barat dan Medan Satria.

Baca juga : Ini Data Terbaru, Pasien OTG Penuhi Graha Wisata TMII dan Ragunan

Wali Kota Bekasi menjelaskan kegiatan vaksinasi massal merupakan kelanjutan dari kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada pekan lalu. Kala itu, Presiden Jokowi telah memantau langsung program vaksinasi massal di seluruh kota dan kabupaten se Indonesia. Hasilnya, dilaksanakan tahapan evaluasi dimana proses vaksinasi terbagi dalam tim wilayah. Kemudian diberlakukan untuk warga sebelum mendapatkan vaksinasi berupa verifikasi data dan melakukan screening di masing-masing kelurahan. Tujuannya agar tidak terjadinya penumpukkan dan memakan proses berlarut larut.

"Jadi setiap warga yang terdaftar vaksin sudah melakukan proses screening terlebih dahulu di kelurahan. Warga ke Gor hanya untuk menyuntik vaksinasi dan tidak perlu memakan waktu lama lagi untuk di screening," terangnya.

Seperti vaksinasi massal pada Sabtu (19/6) di stadion patriot candrabhaga, sekitar pukul 06.00 WIB para warga yang telah lolos screening sudah datang untuk melakukan vaksin. Selanjutnya pada pukul 07.30 WIB kegiatan vaksinasi telah selesai. Terbukti pelaksanaannya tidak memakan waktu banyak. Karena itu, Wali Kota turut mengapresiasi para petugas tenaga kesehatan yang tergabung serta bantuan dari tiap-tiap petugas kelurahan.

Tidak hanya berhenti pada Sabtu (19/6) untuk wilayah 1, program vaksinasi massal Kota Bekasi digelar lagi pada 23 Juni 2021 untuk wilayah 2 yang meliputi 4 kecamatan yakni Bekasi Timur, Mustika Jaya, Bantargebang, dan Rawalumbu. Selanjutnya pada 26 Juni 2021 wilayah 3, meliputi Jatiasih, Pondokgede, Pondokmelati, dan Jatisampurna.

Wali Kota juga berharap dengan adanya kegiatan vaksinasi massal bisa mengurangi dampak dari peningkatan kasus Covid-19 yang kini telah terjadi kembali. "Tetap ikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah dan selalu melaksanakan protokol kesehatan," pungkasnya.(OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Galih Pradipta

Wagub DKI Sebut Kematian Pasien Isoman Sekitar 30 Persen

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:50 WIB
Menurut Ariza, tingkat kematian akibat covid-19 menurun sekitar...
MI/Dok Pemkot Bekasi

Warga Kota Bekasi Diminta tidak Takut Divaksin Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:45 WIB
Warga yang belum melakukan vaksinasi, diharapkan segera mendaftarkan diri melalui RT/RW dan Kelurahan setempat dengan melakukan proses...
medcom.id

Kesembuhan 94%, Wali Kota Bekasi Minta PPKM Diturunkan ke Level 2

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:21 WIB
Wali Kota Bekasi meminta level PPKM diturunkan lantaran kasus aktif dan tingkat BOR sudah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya