Jumat 21 Mei 2021, 16:50 WIB

276 Orang Positif Covid-19 dari 49.424 Saat Arus Balik Lebaran

Rahmatul Fajri | Megapolitan
276 Orang Positif Covid-19 dari 49.424 Saat Arus Balik Lebaran

MI/VICKY GUSTIAWAN
Petugas medis melakukan tes covid-19 kepada pemudik yang baru tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.

 

SEBANYAK 276 pemudik yang masuk ke DKI Jakarta pada masa arus balik Lebaran tahun ini dinyatakan positif covid-19. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan hasil itu diketahui dari tes covid-19 yang dilakukan terhadap 49.424 orang di 14 titik pemeriksaan pada Minggu (16/5) hingga Kamis (20/5).

"Sampai hari kelima ini, mulai tanggal 16 sampai 20 Mei kemarin, jumlah kendaraan yang sudah dilakukan pemeriksaan sekitar 11.994 kendaraan baik roda dua, roda empat, maupun kendaraan umum di 14 titik. Jumlah yang reaktif atau positif yang kita temukan ada 276 dengan rincian isoman 120, kemudian Wisma Atlet ada 65, da rujukan lainnya ada 91," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (21/5).

Yusri mengatakan pihaknya bersama TNI, aparat pemerintah daerah, dan Kementerian Kesehatan akan terus melakukan tes covid-19 selama arus balik Lebaran. Ia memprediksi puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada akhir pekan ini.

Baca juga: Efektivitas Vaksinasi dengan 2 Dosis Sinovac

"Jumat, Sabtu, Minggu, ini adalah puncak arus balik, karena tanggal 24 nantinya masuk kantor, sehingga ada prediksi sampai minggu nanti ini akan cukup padat masuk kembali Jakarta melalui jalur darat, laut, udara, dan juga dari jalur Jawa dan Sumatera," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran telah menginstruksikan jajarannya di lapangan untuk memantau pendatang di Ibu Kota dengan menggencarkan pengetesan hingga ke tingkat komunitas atau RT/RW. Ia mengatakan Fadilmengingatkan jajarannya adanya potensi kenaikan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran.

"Perkembangan positive rate yang di Jakarta ini sudah meningkat pascamudik lebaran, sehingga perlu diantisipasi, perlu ada intervensi dari petugas, termasuk di dalamnya ada Kampung Tangguh untuk melakukan pemeriksaan," kata Yusri. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya