Minggu 16 Mei 2021, 13:56 WIB

Arus Balik Mudik, Polda Metro Adakan Swab Tes Khusus Pengendara

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Arus Balik Mudik, Polda Metro Adakan Swab Tes Khusus Pengendara

MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi

 

POLDA Metro Jaya (PMJ) menggelar kegiatan swab tes antigen secara gratis untuk para pengendara yang nakal mudik Idul Fitri 2021.

Pos pemeriksaan pemudik ini mulai digiatkan, satu di antaranya di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 34B atau tepatnya dekat Gerbang Tol Cibatu.

Khusus para pengendara yang akan mengarah Jakarta dan tidak memiliki surat rapid test covid-19 akan diberhentikan.

Jika tidak memiliki surat rapid test covid-19, para pengendara yang diberhentikan dan akan dilakukan test swab antigen oleh petugas kesehatan dari Polda Metro Jaya.

Pengendara yang dilakukan rapid test secara gratis diminta untuk menunggu 10-15 menit hingga hasilnya keluar. Bagi pengendara yang dinyatakan negatif, diizinkan melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya, petugas kesehatan serta  Satpol PP menempelkan stiker khusus pada kaca depan kendaraan yang telah selesai dilakukan tes antigen acak dengan hasil negatif.

Baca juga : Kepolisian Akan Datangi Rumah Warga yang Lolos Mudik Lebaran 2021

Stiker khusus berwarna hijau itu tertulis keterangan bahwa yang berada di dalam mobil sudah melakukan test swab antigen.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan pos pemeriksaan arus balik menuju Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) direncanakan hingga akhir Mei 2021.

"Kita akan laksanakan paling tidak hingga tujuh hari pertama atau nanti menunggu kebijakan apakah hingga akhir Mei," kata Sambodo di Jakarta, kemarin.

Sambodo mengatakan masyarakat yang akan kembali ke wilayah hukum Polda Metro Jaya usai pulang mudik dari luar kota sebaiknya membawa surat bebas covid-19 dan hasil tes antigen.

Hal itu untuk memudahkan perjalanan ketika masyarakat akan kembali ke wilayah Jabodetabek usai mudik dari luar kota. "Sehingga ketika ada pemeriksaan dia tinggal tunjukkan kalau sudah kita tidak akan periksa," kata Sambodo. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Covid-19 Melonjak, Polres Jakpus Temukan 4 Lokasi Kerumunan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:41 WIB
Sedikitnya empat lokasi yang disinyalir masih terjadi kerumunan masyarakat. Lokasi tersebut merupakan tempat berkumpul anak muda-mudi dan...
Antara

3.486 Rukun Tetangga di Jakarta Zona Merah Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:33 WIB
“Untuk Jakarta Pusat ada 460 RT, Jakarta Selatan ada 672 RT, Jakarta Timur ada 828 RT, Jakarta Utara ada 547 RT, Jakarta Barat ada...
Antara

Ini Data Terbaru, Pasien OTG Penuhi Graha Wisata TMII dan Ragunan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:26 WIB
Per Minggu (20/6), untuk Graha Wisata TMII, sebanyak 30 dari 33 kamar sudah terisi penuh oleh pasien. Artinya hanya tersisa 3 kamar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya