Rabu 28 April 2021, 22:11 WIB

Pelatihan Simulasi Bencana Dilakukan di Kawasan Hunian Vertikal

Gana Buana | Megapolitan
Pelatihan Simulasi Bencana Dilakukan di Kawasan Hunian Vertikal

DOK IST
Latihan simulasi bencana di Meikarta, Jawa Barat, pada Sabtu (24/4).

 

MEIKARTA kembali membuktikan keseriusannya dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penghuni jika terjadi bencana alam. Dengan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Bekasi mengadakan pelatihan simulasi bencana.

"Kami bertekad mewujudkan kota modern dengan standar keamanan yang baik, sehingga kami berkolaborasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menggelar simulasi penanggulangan bencana ini" kata Chief Marketing Officer Meikarta Lilies Surjono, dalam keterangan resmi yang diterima, Tabu (28/4).

Menurut dia, dengan adanya kegiatan ini, pengelola Meikarta siap jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait bencana alam.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Jawa Barat Henry Lincoln menambahkan pelatihan ini digelar 26 April 2021 ini bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

"Kami lakukan simulasi kesiapsiagaan hadapi bencana Kabupaten Bekasi dengan mengambil tema gempa bumi. Simulasi ini juga dilakukan Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten Bekasi, di mana setiap kota atau kabupaten juga menggelar simulasi demi kesiapsiagaan kita pada tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan, simulasi ini disiapkan tiga hari dimulai dari hari Sabtu (24/4) kemarin. Pihaknya berharap agar masyarakat Kabupaten Bekasi, khususnya warga kota Meikarta lebih waspada, dan dengan seringnya mengikuti simulasi diharapkan warga lebih siaga.

Baca juga: Kesadaran Ketahanan Kebencanaan

Lincoln lalu mengemukakan alasan utama pilih Meikarta untuk dijadikan tempat simulasi adalah lantaran akses mobilitas lebih mudah karena ada gedung vertikal dan area komersial.

"Kami mengimbau operator apartemen agar bisa sesuaikan dengan apa yang dilakukan dalam simulasi ini, dan lakukan juga persiapan K3 untuk masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, latihan ini juga merupakan salah satu bentuk contoh pelatihan dan sosialisasi agar dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana. Kedepan, BPBD akan mempersiapkan seluruh gedung vertikal di Kabupaten Bekasi untuk pelatihan simulasi dalam upaya untuk mengantisipasi kesiapsiagaan bencana, seperti yang dilakukan bersama Meikarta pada hari ini. (R-3)

Baca Juga

dok.ist

Ratusan Santri di Bekasi Doakan agar Indonesia Lebih Baik di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:22 WIB
JARINGAN relawan Santri Dukung Ganjar Jabodetabek menggelar doa bersama di Pondok Pesantren (Ponpes) Al - Fath Jalen, Jejalenjaya, Tambun...
dok.Ist

Polres Jakbar Didemo Ratusan Warga, Ini Pemicunya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 21:06 WIB
POLRES Metro Jakarta Barat didemo elemen masyarakat, Senin (5/12/2022) siang. Karena kecewa  setelah seorang tersangka dinyatakan...
MI/Pius Erlangga

Polisi Umumkan Hasil Investigasi Kematian Keluarga di Kalideres, Jumat

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:45 WIB
Tim gabungan akan menggelar konferensi pers pengungkapan hasil investigasi pada Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya