Minggu 18 April 2021, 22:51 WIB

Belum Ada Lonjakan Penumpang KA di Akhir Pekan

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Belum Ada Lonjakan Penumpang KA di Akhir Pekan

Antara
Ilustrasi

 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mengungkapkan tidak ada lonjakan penumpang pada akhir pekan ini. Jumlah Kereta api (KA) yang beroperasi dilaporkan tetap sama seperti pada akhir pekan lalu dengan pembatasan okupansi maksimal 70% dari kapasitas

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, pada hari ini, Minggu (18/4), terdapat 13 KA yg beroperasi dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta dengan total volume penumpang sekitar 2.002 atau okupansi tercatat 27% dari total ketersediaan tempat duduk. Angka tersebut cenderung menurun dari pekan lalu yang berada sekitar 2.100 penumpang.

Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Jakarta, terdapat 15 KA yang beroperasi dengan total  penumpang sekitar 1.689.

"Jumlah KA yang berangkat pada akhir pekan ini tidak mengalami penambahan dari akhir pekan sebelumnya di masa pandemi," ungkap Eva dalam keterangannya, Minggu (18/4).

Eva menuturkan, selama masa pandemi seluruh operasional perjalanan KA yang masih berlangsung diatur sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Satgas Covid-19 dan Kementrian Perhubungan.

Untuk menjaga jarak fisik antar penumpang setiap KA yang beroperasi kapasitas tempat duduk pada setiap rangkaian dibatasi maksimal hanya 70%. Seluruh calon penumpang yang akan berangkat juga diwajibkan memiliki berkas pemeriksaan Covid 19 dengan hasil negatif melalui PCR Test, GeNose Test atau Rapid Antigen.

Eva juga mengatakan, pada saat akan berangkat pengukuran suhu tubuh juga dilakukan untuk seluruh calon penumpang, jika kedapatan memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan dikembalikan sepenuhnya.

Lalu, seluruh penumpang juga diminta untuk mengikuti seluruh protokol kesehatan lainnua yang telah ditetapkan seperti memakai masker dan menjaga jarak dengan memperhatikan tanda batas jarak fisik yang ada

"PT KAI mendukung seluruh upaya pemerintah dalam hal penanganan covid-19 khususnya di transportasi publik," pungkas Eva. (OL-8)

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Alumni SMA Pangudi Luhur Jakarta Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 12:03 WIB
Makin tinggi tingkat vaksinasi, semakin membaik dan pulih kondisi ekonomi di daerah...
ANTARA FOTO/Rivan Awal

Hingga Kemarin, 1.079 Permohonan SIKM Ditolak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 06:13 WIB
"Sebanyak 1.447 SIKM ditolak dan 177 permohonan SIKM masih dalam proses penelitian administrasi dan penelitian teknis karena baru saja...
Dok. Pribadi

Jelang Idul Fitri, Polres Tanjung Priok Bantu Renovasi Masjid    

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 23:14 WIB
Renovasi dan pemberian bantuan tersebut diberikan kepada Pondok Pesantren Nurul Bahri dan Masjid Nurul Jihad Muara Angke, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya