Selasa 09 Maret 2021, 19:05 WIB

Tujuh Bulan Polres Jakarta Barat Sita 144,5 Ton Ganja

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Tujuh Bulan Polres Jakarta Barat Sita 144,5 Ton Ganja

Antara
Hasil uji lab narkoba jenis ganja

 

SATUAN Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menyita 144,5 ton ganja dari hasil pengungkapan kasus narkoba dalam kurun waktu tujuh bulan terakhir. Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran merinci ganja tersebut terbagi dalam paket siap edar dan ladang ganja seluas 12 hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"Ada sekitar 144,5 ton ganja yang berhasil disita oleh Polres Metro Jakbar. 500 kg dalam bentuk ganja siap edar yang sudah dipacking. Kemudian 144 ton itu disita dari ladang ganja yang luasnya sekitar 12 hektare," kata Fadil, di Mapolres Jakarta Barat, Slipi, Selasa (9/3).

Fadil mengatakan pengungkapan ratusan ton ganja itu berawal saat ditangkapnya pengedar ganja atas nama Andri Hidayat pada Juli 2020. Andri telah divonis hukuman 15 tahun penjara oleh majelis hakim PN Jakbar. Setelah itu, polisi terus mencari pihak lain yang terlibat dan menelusuri dari mana asal ganja itu. Polisi lalu menangkap total sembilan tersangka yang kini telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Selain itu, polisi juga menemukan ladang ganja seluas 12 hektare di lereng pegunungan di Mandailing Natal dan menangkap ZR, selaku pemilik ladang ganja dan IB selaku pihak yang mengawasi dan menjaga serta membawa ganja tersebut untuk diedarkan ke Jakarta.

"Secara berturut-turut mulai dari bulan Juli 2020 sampai dengan Februari 2021, tim Satnarkoba Polres Metro Jakbar berhasil amankan 9 orang tersangka, secara berjenjang mulai dari pengedar di lapangan, kemudian bandar, kemudian kurir yang bawa dari sumatera, sopir, dan kemudian ladang ganja," kata Fadil.

Ia mengatatakan penangkapan ini merupakan upaya membuat Jakarta bebas dari peredaran narkoba.

"Saya mengapresiasi keuletan tim yang mengentaskan kasus ini mulai dari pengedar sampai kemudian menemukan ladang ganjanya," imbuhnya. (OL-13)

Baca Juga: Ini Alasan BNN Tolak Legalisasi Ganja

Baca Juga

dok kemenhub

Menhub Senang Perjalanan KRL Semakin Efisien

👤RO/Micom 🕔Minggu 26 September 2021, 20:26 WIB
Kehadiran jalur layang ini akan menciptakan angkutan massal perkotaan yang terintegrasi dan dapat...
Antara

Ada ANBK Tingkat SMA, PTM di Jakarta Harus Ditunda

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 17:50 WIB
Dinas Pendidikan DKI Jakarta khawatir jika PTM terbatas tahap II tetap dijalankan selama ANBK tingkat SMA, dapat menciptakan kerumunan di...
Antara

Soal Polemik Formula E, DPRD DKI: Kami Juga Terkena Dampak

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 16:40 WIB
DPRD menyatakan juga akan mengalami kesulitan, jika menyetujui penggunaan APBD untuk Formula E, yang dinilai tidak bermanfaat bagi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya