Selasa 09 Februari 2021, 13:33 WIB

Di Depan Jokowi, Anies Ungkap Keberhasilan Atasi Kemacetan Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Di Depan Jokowi, Anies Ungkap Keberhasilan Atasi Kemacetan Jakarta

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Foto aerial jalan layang tapal kuda Lenteng Agung

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Puncak Peringatan perayaan Hari Pers Nasional 2021 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Selasa (9/2). Acara yang digelar secara daring dan luring tersebut juga dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, beberapa menteri dari Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Depari, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh dan insan pers seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Anies mengucapkan terima kasih dan apresiasi karena Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2021, terlebih tema pada peringatan hari pers nasional tahun ini juga menempatkan Jakarta sebagai kota yang berperan besar dalam pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Izinkan dalam kesempatan ini atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kami mengucapkan terima kasih karena pada tahun 2021 ini Jakarta terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional, ini merupakan kehormatan bagi kami dan masyarakat Jakarta untuk dapat berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan berskala nasional sepenting ini,” terangnya.

Lebih lanjut, Anies juga mengajak seluruh insan pers pada peringatan Hari Pers Nasional 2021 untuk memperkuat sinergitas dan soliditas antara insan pers, pemerintah daerah maupun pusat, dan masyarakat. Sehingga dapat menghadapi tantangan di era pandemi sekaligus terus mengabarkan optimisme kepada semua hingga nanti pandemi berakhir.

“Momentum hari pers di tengah pandemi ini, semoga dapat kita jadikan sebagai sarana untuk semakin memperkuat sinergitas dan kolaborasi antara pers, pemerintah, dan masyarakat. Dengan begitu kami yakin dunia pers Indonesia dapat terus berkontribusi tidak hanya menyajikan informasi, tapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap optimis dalam menghadapi situasi ini,” imbuhnya.

Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menceritakan banyaknya perubahan besar di kota Jakarta, terutama secara fisik. Hal tersebut disampaikan sebagai gambaran bagi peserta HPN 2021 yang tidak sempat menikmati kota Jakarta karena harus menghadiri acara tahunan tersebut secara daring.

“Meski kami tidak dapat menyambut Bapak dan Ibu, rekan-rekan pers semua, untuk melihat kemajuan kota Jakarta secara langsung karena kondisi pandemi covid-19, namun dapat kami sampaikan bahwa ada hal yang berubah di Jakarta, antara lain di tahun 2020, Alhamdulillah Jakarta berhasil keluar dari 10 (sepuluh) besar kota termacet di dunia, membaik dari tahun ke tahun sejak 2017 (berdasarkan laporan TomTom Traffic Index Tahun 2020). Keadaan ini, tidak lepas dari upaya pembangunan transportasi terintegrasi yang terus dikembangkan di kota Jakarta dan berubahnya perilaku masyarakat yang makin banyak menggunakan transportasi publik,” lanjutnya.

Baca juga: Konstruksi Jalur MRT Dimulai, Ini Rekayasa Lalin Thamrin

Terakhir Anies menutup sambutannya dengan harapan agar pendemi segera berakhir dan mewujudkan tema Hari Pers Nasional 2021 yang menempatkan Jakarta sebagai kota yang berperan besar pada ekonomi nasional dan akselerator perubahan.

“Kita berharap, pendemi covid-19 segera berakhir dan Jakarta bisa beradaptasi menjadi kota yang lebih maju, sehingga ketika Bapak dan Ibu nanti mengunjungi Jakarta secara langsung dapat merasakan suasana yang lebih nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza yang menghadiri acara puncak HPN 2021 di Aula Candi Bentar Ancol, Jakarta Utara menyampaikan ucapan terima kasih kepada wartawan yang selama ini telah berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Untuk itu, kami berterima kasih atas perjuangan selama ini teman teman wartawan. Mudah-mudahan kehadiran wartawan, media dan pers tetap terus memberikan semangat kontribusi bagi bangsa negara kita semua, memberitakan berita yang sehat yang terpercaya yang dapat memberikan pencerahan bagi seluruh masyarakat. Dan kita semua terhindar dari berita berita hoax dan berita yang tidak baik. Terima kasih sekali lagi buat teman teman wartawan, media dan pers yang selama ini memberikan kontribusi khususnya di DKI Jakarta, ibu kota negara," ujar Ariza.

Perlu diketahui, acara tersebut turut dihadiri secara virtual oleh insan pers dari 37 provinsi di seluruh Indonesia, serta Duta Besar negara sahabat dan pejabat pemerintah yang terhubung melalui video conference. Dalam acara puncak tersebut turut diserahkan sejumlah penghargaan di bidang pers, yaitu Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Penghargaan Anugerah Kebudayaan, Penghargaan Press Card Number One, Penghargaan Medali Kemerdekaan Pers PWI, dan Penghargaan Pena Mas, serta dilakukan pula Penandatangan MoU antara PWI Pusat dengan pihak terkait. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Bus Sinar Jaya hanya Angkut Satu Penumpang di Terminal Kalideres

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 00:15 WIB
KEPALA Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan armada perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya hanya membawa seorang penumpang dari...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

129 Pengendara yang Lewat Puncak Bogor Diminta Putar Balik

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:25 WIB
Sebagian besar kendaraan yang diputar balik memiliki tujuan ke tempat...
MI/Ramdani

Polda Metro Pastikan tidak Akan Ada Pemudik yang Lolos

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:41 WIB
Polda Metro Jaya memastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos dari penyekatan mudik Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar sesuai kebijakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya