Kamis 10 September 2020, 12:05 WIB

IDI Dukung Penerapan PSBB Total di Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
IDI Dukung Penerapan PSBB Total di Jakarta

Antara/Raisan Al Farisi
Tenaga medis khusus pasien covid-19

 

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih menyambut positif penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di Jakarta. Menurut Daeng, PSBB memang bisa efektif untuk mengurangi penularan covid-19 bila dilakukan dengan tegas dan optimal.

"PSBB ini bukan hanya semata-mata untuk melindungi tenaga medis ya, tetapi juga masyarakat. Kita tahu penularan di Jakarta ini sehari sudah seribuan dan positivity rate mencapai 13%. Padahal WHO kan menstandarkan agar positivity rate itu kurang dari 5%," kata Daeng, Kamis (10/9).

Menurut data Pemerintah Provinsi DKI, jika PSBB total tak dilakukan, kapasitas rumah sakit (RS) akan penuh pada 15 September.

Baca juga: PSBB Total di Jakarta Dinilai Kurang Efektif

"Saat ini keterisian ICU saja sudah 80%. Lalu keterisian ruang rawat isolasi 70% sekian. Memang kalau tidak, ya lama-lama bisa penuh apalagi penambahan kasus harian sudah seribuan," ujar Daeng.

Jika tak segera ditarik rem darurat, lanjutnya, kapasitas RS akan penuh. Akibatnya warga yang sakit tak bisa ditampung di RS. Hal ini yang dikhawatirkan masyarakat.

"Kasihan saudara-saudara kita yang nanti sakit, tapi tidak bisa dirawat karena RS penuh. Ujungnya angka kematian bisa saja meningkat," papar Daeng.

Ini secara umum, imbuhnya, menjaga kapasitas pelayanan. "Jadi, bukan hanya sekadar melindungi nakes (tenaga kesehatan) agar tidak jadi korban. Tapi memang dengan kondisi saat ini, beban kerja nakes lebih berat. Maka secara keseluruhan, kondisi ini harus dijaga," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

ANTARA/Jessica Helena Wuysang

Polisi Tangkap Penipu dan Pemalsu Sertifikat Tanah Rp6 Miliar

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 03 Desember 2020, 21:15 WIB
Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Tubagus Hidayat menjelaskan modus operandi para pelaku yakni membujuk korban untuk meminjamkan...
Ist

Relief Bandara, Komitmen PPK Kemayoran Rawat Jejak Sejarah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 03 Desember 2020, 20:10 WIB
Di era modern, arsitektur dan dekorasi sebuah ruang tunggu bandara banyak dihias dengan lukisan maupun gambar yang memperlihatkan keindahan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Usulan Kenaikan Anggaran Gaji DPRD DKI Lukai Hati Publik

👤Sri Utami 🕔Kamis 03 Desember 2020, 19:32 WIB
Rencana tersebut mencerminkan minimnya kepedulian wakil rakyat terhadap situasi dan kondisi ekonomi masyarakat yang serba sulit di tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya