Selasa 03 Januari 2023, 08:50 WIB

Uni Eropa Perketat Pelancong Asal Tiongkok Cegah New Covid

Cahya Mulyana | Internasional
Uni Eropa Perketat Pelancong Asal Tiongkok Cegah New Covid

AFP
Warga Tiongkok jalani tes swab untuk mencegah merebaknya covid-19.

 

DUNIA memperketat kedatangan pelancong dari Tiongkok karena enggan menjadi tempat penyebaran kembali covid-19. Termasuk negara-negara Uni Eropa berkoordinasi memeriksa setiap orang yang datang dari Negeri Tirai Bambu.

Negara-negara di Benua Biru itu menggunakan berbagai pendekatan untuk mendeteksi masuknya covid-19. Misalnya Belgia akan memeriksa air limbah dari pesawat yang datang dari Tiongkok.

Negara itu juga akan mengimbau pengunjung dari Tiongkok yang merasa tidak enak badan untuk melakukan tes covid-19. "Lebih banyak yang harus dilakukan, tetapi hanya dalam pendekatan terkoordinasi di antara 27 negara anggota," kata Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroucke.

Menurut dia, langkah ini sangat bagik untuk melindungi Uni Eropa menjadi rumah baru bagi kasus covid-19 yang tengah menyeruak di Tiongkok.

“Jika Anda datang ke Eropa, Anda harus diuji terlebih dahulu," tambahnya.

Sementara Swedia, yang memegang jabatan kepresidenan Uni Eropa akan mengadakan pertemuan Tanggap Krisis Politik Terpadu pada Rabu (4/1). Swedia akan membuka kemungkinan pembentukan syarat umum bagi pelancong Tiongkok di Uni Eropa.

“Penting bagi kami untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan,” kata Menteri Kesehatan Swedia Jakob Forssmed.

Negara-negara seperti Prancis, Spanyol, dan Italia telah mengumumkan langkah-langkah independen untuk menerapkan pencegahan covid-19 yang lebih ketat bagi penumpang yang datang dari Tiongkok.

Pemerintah Prancis mewajibkan tes negatif, dan mendesak warga Prancis untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke Tiongkok. Prancis juga memperkenalkan kembali persyaratan masker pada penerbangan dari Tiongkok ke Prancis.

Pemerintah Spanyol mengatakan akan mewajibkan semua penumpang udara yang datang dari Tiongkok memiliki tes negatif atau bukti vaksinasi. Italia adalah anggota Uni Eropa pertama yang mewajibkan tes virus korona untuk penumpang pesawat yang datang dari Tiongkok.

Di belahan dunia lain, Amerika Serikat juga telah mengumumkan persyaratan baru dalam pengujian covid-19 untuk semua pelancong dari Tiongkok. Tindakan serupa dilakukan beberapa negara Asia yang telah memberlakukan pembatasan karena lonjakan infeksi virus ini. (France24/OL-13)

Baca Juga: Prancis Tes Pendatang Tiongkok untuk Melacak Varian Covid-19

Baca Juga

AFP

PM Anwar Ibrahim Tunjuk Puterinya Jadi Penasihat Bidang Ekonomi

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
Anwar Ibrahim mengatakan bahwa Nurul Izzah tidak dibayar untuk peran penasihat senior. Penunjukan itu mulai berlaku pada 3 Januari...
Bulent Kilic/AFP

Militer Rusia Kuasai Desa Dekat Bakhmut di Donetsk

👤 Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:37 WIB
Rusia mengatakan telah merebut sebuah desa di pinggiran utara Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina. Desa Blahodatne, yang berjarak sekitar...
AFP/Handout / Pakistan

Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Pakistan Jadi 100 Orang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:33 WIB
Sebagian besar korban yang tewas dalam aksi pengeboman bunuh diri pada Senin (30/1) petang itu adalah anggota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya