Kamis 27 Oktober 2022, 16:50 WIB

Kanselir Jerman Tolak Klaim Turki terhadap Yunani

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Kanselir Jerman Tolak Klaim Turki terhadap Yunani

AFP/Louisa GOULIAMAKI
PM Yunani Kyriakos Mitsotakis (kiri) menyambut Kanselir Jerman Olfa Scholz sebelum pertemuan kenegaraan di Athena, Kamis (27/10).

 

KANSELIR Jerman Olaf Scholz pada Kamis (27/10) menolak klaim Turki atas kedaulatan pulau-pulau Yunani. Pernyataan itu disampaikannya pada awal kunjungan resmi ke Athena.

Berbicara kepada harian Yunani Ta Nea menjelang pertemuan resmi dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, Scholz mengatakan kondisi itu tidak dapat diterima bagi negara NATO untuk mempertanyakan kedaulatan sesama anggota.

Dia juga mengkritik ancaman militer yang kurang lebih terselubung terhadap Yunani yang dilakukan berulang kali oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan pejabat seniornya dalam beberapa bulan terakhir.

Yunani dan Turki, yang merupakan anggota aliansi pertahanan NATO pimpinan Amerika Serikat (AS), telah berseteru selama bertahun-tahun mengenai perbatasan maritim dan hak eksplorasi energi di Laut Aegea dan Laut Mediterania timur.


Baca juga: Kemenlu Tegaskan Pulau Pasir Tak Masuk NKRI


Pada kunjungan pertamanya ke Yunani sebagai kanselir, Scholz juga mendesak kedua negara untuk menyelesaikan perbedaan mereka melalui dialog dan berdasarkan hukum internasional.

Erdogan akhir-akhir ini juga menuduh Yunani menduduki pulau-pulau Aegea yang statusnya diselesaikan dalam perjanjian yang diadopsi setelah Perang Dunia I.

Sebagai tanggapan, Otoritas Athena menuduh Turki melakukan ratusan serangan militer ilegal di pulau-pulau tersebut.

Bulan lalu, AS mengatakan bahwa kedaulatan Yunani tidak diragukan lagi, setelah Ankara mengajukan protes atas pengerahan kendaraan lapis baja Yunani di Pulau Lesbos dan Samos. (AFP/OL-16)

Baca Juga

UGC / AFP

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran Mahsa Amini

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:40 WIB
Menurut dia eksekusi ini harus memiliki konsekuensi bagi Iran yang setimpal dari masyarakat dunia. Kantor berita Iran Mizan melaporkan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya