Jumat 25 Juni 2021, 08:44 WIB

Republik Ceko Diterpa Tornado

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Republik Ceko Diterpa Tornado

Radek Mica / AFP
Sejumlah gedung rusak parah akibat terjangan tornado di Desa Hrusky, 60 km dari Brno, Moravia Selatan, Republic Ceko, Kamis (24/6).

 

SEBUAH tornado melanda Republik Ceko bagian tenggara, meruntuhkan rumah-rumah warga, dan menyebabkan puluhan orang terluka.

"Kami memperkirakan jumlah orang yang terluka mencapai 100-150, mulai dari anak-anak hingga lansia," kata juru bicara layanan darurat regional Michaela Bothova kepada Czech Television.

Menteri Dalam Negeri Jan Hamacek memperkirakan akan ada korban meninggal akibat peristiwa tersebut.

"Semua unit penyelamat yang tersedia sedang beraksi atau bergerak ke wilayah Hodonin di mana beberapa kota telah dilanda tornado," kata Hamacek di Twitter pada Kamis (24/6).

Dia menambahkan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan tentara. Tim penyelamat mengatakan rekan mereka dari Austria dan Slovakia sedang dalam perjalanan untuk membantu.

Tornado menghantam beberapa kota dan desa termasuk kota Hodonin di perbatasan Ceko-Slovakia, di mana peristiwa tersebut menyebabkan cedera dan merusak rumah jompo.

Rekaman video dari Hodonin di jejaring sosial menunjukkan bangunan dan mobil yang hancur, tunggul tanpa pohon, serta beberapa kebakaran.

Kantor berita Ceko CTK mengutip walikota Hrusky yang mengatakan bahwa setengah dari desanya telah rata dengan tanah.

Dia menambahkan bahwa rumah sakit Hodonin telah menerima puluhan orang yang terluka setelah tornado juga menggulingkan sebuah bus.

Di negara tetangga Polandia, angin puting beliung menghantam provinsi Malopolska selatan pada Kamis, merusak atap dan melukai satu orang, menurut media setempat. (Aiw/straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/Munir Uz zaman

Bahas Krisis Rohingya, Menlu Sampaikan Dua Hal yang Perlu Jadi Perhatian Dunia

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 23 September 2021, 12:27 WIB
Retno menyampaikan apresiasi dari Indonesia kepada pemerintah dan rakyat Bangladesh yang telah bersedia menampung pengungsi...
AFP/Kena Betancur

AS akan Sumbangkan Tambahan 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 11:00 WIB
Sebanyak 500 juta vaksin covid-19 yang dijanjikan AS itu akan berupa vaksin Pfizer dan akan diberikan ke negara miskin dan menengah di...
AFP/Robyn Beck

AS Setujui Vaksin Pfizer Sebagai Booster untuk Lansia dan Warga Berisiko Tinggi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 23 September 2021, 11:00 WIB
Pengumuman itu membuat puluhan ribu warga AS kini berhak mendapatkan vaksin covid-19 dosis ketiga, enam bulan setelah menerima vaksin dosis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya