Selasa 18 Mei 2021, 21:43 WIB

Pengamat: Jokowi Perlu Sampaikan Sikap Indonesia atas Palestina

Yunia | Internasional
Pengamat: Jokowi Perlu Sampaikan Sikap Indonesia atas Palestina

ANTARA/WAHYU PUTRO A
Seorang pengunjuk rasa melukis wajah dengan bendera Palestina saat mengikuti aksi di depan Gedung Kedubes Amerika Serikat, Jakarta, Selasa

 

PRESIDEN Joko Widodo dinilai perlu menyatakan sikap Indonesia secara khusus kepada publik dan dunia internasional terkait konflik Israel-Palestina, khususnya sebagai panduan bagi rakyat Indonesia ketika menyikapi persoalan konflik kedua negara tersebut. 

Hal ini diutarakan Pengamat Timur Tengah Yon Machmudi saat dihubungi via telekonferensi pada Selasa (18/5).

Langkah ini juga dinilai sebagai bentuk dukungan negara kepada langkah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang sudah bergerak mendekati berbagai negara untuk melakukan lobi-lobi. 

"Pak Jokowi perlu menyampaikan kepada publik dan dunia internasional secara khusus, menyatakan sikap Indonesia seperti apa agar ini juga bisa menjadi semacam panduan bagi rakyat Indonesia ketika menyikapi persoalan konflik Israel-Palestina," ujarnya.

"Tidak kemudian di bawah terjadi pro-kontra padahal kita Indonesia sudah jelas mendukung perjuangan rakyat Palestina. Tinggal disampaikan saja sebenarnya secara langsung oleh Presiden," tambah Yon. 

Baca juga: Serangan Israel Tewaskan 212 Warga Palestina Termasuk 61 Anak

Di kancah internasional, Yon Machmudi menilai Indonesia cukup dihormati terutama di Palestina sendiri dan di kawasan Timur Tengah. 

Citra baik ini bisa dimanfaatkan Indonesia untuk mengajak rakyat Palestina tetap bersatu dengan segala kekuatan yang ada. 

Di sisi lain, hubungan baik Indonesia dengan negara-negara besar bisa memudahkan Indonesia untuk melakukan mediasi agar negara-negara tersebut segera andil dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina. 

"Posisi Indonesia sekarang semakin lama semakin diperhitungkan karena tidak memiliki kepentingan khusus. Jadi bebas dari kepentingan-kepentingan ekonomi, politik dan lainnya jadi secara genuine bisa memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Indonesia juga punya hubungan yang baik, dengan Amerika baik, dengan Turki baik, Tiongkok baik, Rusia baik, maka tentu bisa dijadikan sebagai kekuatan mediasi." tambah Yon. (A-2)

Baca Juga

 AFP/Hazem Bader.

Orang Badui Israel Anggap Janji-Janji Pemerintah Baru itu Palsu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 12:33 WIB
Sebagian besar dari hampir 300.000 orang Badui Israel tinggal di Negev yang gersang di selatan negara itu, di pinggiran masyarakat...
AFP/Jim Watson

AS Tengah Persiapkan Sanksi Baru untuk Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 10:01 WIB
"Kami mengumpulkan sekutu Eropa dalam upaya bersama untuk mengenakan biaya pada Rusia untuk penggunaan bahan kimia terhadap salah satu...
AFP/Handout / various sources

Hadiri Konferensi Keamanan, Pemimpin Junta Myanmar Tiba di Moskow

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:14 WIB
Pemimpin Junta Min Aung Hlaing meninggalkan ibu kota Naypyidaw, Minggu (20/6), dengan penerbangan khusus untuk menghadiri Konferensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya