Kamis 15 April 2021, 15:53 WIB

Rekor Lagi, India Laporkan 200 Ribu Kasus Covid-19 per Hari

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Rekor Lagi, India Laporkan 200 Ribu Kasus Covid-19 per Hari

AFP
Sejumlah perempuan di Mumbai, India, mengenakan masker.

 

INDIA melaporkan rekor penambahan 200.739 kasus covid-19 baru pada Kamis waktu setempat. Lonjakan kasus itu merupakan rekor kenaikan harian ketujuh dalam delapan hari terakhir.

Saat ini, India berjuang melawan gelombang besar kedua covid-19 yang berpusat di negara bagian Maharashtra. Negara bagian tersebut menyumbang sekitar seperempat dari total kasus covid-19 di India. 

Adapun jumlah kasus positif covid-19 di India mencapai 14,1 juta, atau berada pada posisi kedua setelah Amerika Serikat (AS) dengan 31,4 juta kasus.

Baca juga: Salip Brasil, India Jadi Negara Kasus Covid-19 Tertinggi Kedua

Sementara itu, jumlah kematian akibat covid-19 di India bertambah 1.038 kasus. Sehingga, total kasus kematian mencapai 173.123 orang. Rumah sakit dan dokter di Maharashtra, serta daerah lain, termasuk Gujarat dan Delhi, melaporkan situasi sangat kacau. Sebab, fasilitas kesehatan kewalahan dengan lonjakan kasus covid-19.

"Situasinya mengerikan. Kami adalah rumah sakit dengan 900 tempat tidur, tetapi ada sekitar 60 pasien yang menunggu. Kami tidak memiliki tempat untuk mereka," ujar pejabat di Sekolah Tinggi dan Rumah Sakit Medis Pemerintah di Nagpur, Avinash Gawande.

Rumah sakit di tempat lain, termasuk Gujarat, negara bagian asal Perdana Menteri India Narendra Modi, melaporkan minimnya pasokan oksigen. "Jika kondisi seperti itu terus berlanjut, jumlah korban tewas akan meningkat," tulis Kepala Lembaga Medis di Ahmedabad dalam surat kepada Menteri Negara Bagian Gujarat.

Baca juga: Festival Keagamaan Ciptakan Rekor Kasus Covid-19 di India

Pemerintah India diketahui memproduksi oksigen dengan kapasitas penuh setiap hari dalam dua hari terakhir. Serta, telah meningkatkan produksi. "Seiring dengan peningkatan produksi unit manufaktur oksigen dan kelebihan stok, ketersediaan oksigen saat ini sudah mencukupi," bunyi pernyataan Kementerian Kesehatan India.

Sementara itu, ratusan ribu peziarah masih memadati festival keagamaan di wilayah utara India. Kondisi itu memicu kekhawatiran terhadap lonjakan kasus covid-19 di wilayah tersebut.

Di wilayah New Delhi, penambahan kasus covid-19 setiap hari juga mencapai rekor baru. Kalangan dokter memperingatkan lonjakan kasus bisa lebih mematikan dibandingkan tahun lalu.(Straitstimes/OL-11)
 

 

 

 

Baca Juga

Juni Kriswanto / AFP

Sidang DK PBB Soal Palestina-Israel Berakhir Tanpa Hasil

👤Mediaindonesia 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:40 WIB
Pertemuan virtual pada Minggu (16/5) yang diikuti oleh pejabat Israel dan Palestina itu diinisiasi oleh China, Norwegia, dan...
Metro TV/Prasetyo Prayogo

Kerja Sama Antar-Parlemen Dorong Hubungan Indonesia-Uzbekistan

👤Prasetyo Prayogo 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:16 WIB
Menurut Gobel, kunjungan itu terjadi karena latar belakang dari penduduk Indonesia dan Uzbekistan yang mayoritas...
Ilustrasi

AS Rilis Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2020

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:30 WIB
AS berkomitmen untuk membela kebebasan beragama dan berkeyakinan, sejak berabad-abad lalu dan berlanjut sampai hari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya