Senin 12 April 2021, 16:09 WIB

Salip Brasil, India Jadi Negara Kasus Covid-19 Tertinggi Kedua

Nur Aivanni | Internasional
Salip Brasil, India Jadi Negara Kasus Covid-19 Tertinggi Kedua

AFP
Warga di Mumbai, India, tengah mengantre pembagian makanan saat lockdown diterapkan.

 

INDIA melaporkan rekor 168.912 kasus infeksi covid-19 dalam sehari. Negara tersebut menyalip posisi Brasil sebagai negara dengan kasus covid-19 tertinggi kedua di dunia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan India pada Senin waktu setempat, jumlah kematian akibat covid-19 di India bertambah 904 orang. Dengan begitu, total kasus kematian mencapai 170.179 orang.

Secara keseluruhan, kasus positif covid-19 di India mencapai 13,53 juta`orang. Di lain sisi, John Hopkins University menyebut jumlah kasus covid-19 di Brasil sebanyak 13,48 juta orang. Lalu, Amerika Serikat (AS) memimpin penghitungan global dengan 31,2 juta kasus covid-19.

Baca juga: India Laporkan 152 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari

Pada September 2020, India telah melampaui Brasil dengan menjadi negara kasus covid-19 tertinggi kedua di dunia. Namun, posisi India kemudian menurun ke urutan ketiga setelah adanya penurunan kasus covid-19 hingga awal 2021.

Negara terpadat kedua di dunia itu mengalami peningkatan kasus covid-19 yang tajam, setelah beberapa pekan festival keagamaan, kampanye dan menurunnya tingkat kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, PM India Luncurkan Festival Vaksinasi

Di Maharashtra dan Mumbai, wilayah yang paling parah terdampak covid-19, restoran harus ditutup. Selain itu, tidak diperbolehkan adanya pertemuan publik lebih dari lima orang.

Kementerian Kesehatan India menyatakan lonjakan kasus covid-19 menyebabkan tingginya permintaan obat antivirus Remdesivir. Padahal, sebuah penelitian yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengungkapkan obat tersebut memiliki efek rendah terhadap pengobatan covid-19.(AlJazeera/OL-11)

 

 

 

 

Baca Juga

Prakash SINGH / AFP

Tsunami Kasus dan Kematian Baru Akibat Covid-19 Berlanjut di India

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:41 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam laporan mingguan, India menjadi menyumbang hampir setengah dari kasus Covid-19 yang...
Foto/Courtesy Youtube

Australia Kecewa dengan Tiongkok yang Bekukan Pembicaraan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:16 WIB
Pada Kamis (6/5), Australia bereaksi dan menggambarkan keputusan Tiongkok untuk membekukan pembicaraan perdagangan bilateral reguler...
STR / AFP

AS Lacak Serpihan Roket Tiongkok yang Berpotensi Jatuh ke Bumi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 12:31 WIB
Benda sepanjang sekitar 30 meter ini diperkirakan akan jatuh kembali ke Bumi pada Sabtu (8/5) mendatang dan menjadi salah satu puing luar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya