Rabu 13 Maret 2019, 17:00 WIB

Banjir di Mozambik Tewaskan 66 Orang

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Banjir di Mozambik Tewaskan 66 Orang

(FOTO: Muhammad Sajjad/AP Photo)

 

BANJIR yang melanda wilayah utara dan tengah Mozambik menyebabkan 66 orang tewas. Hujan lebat yang mengguyur Mozambik berdampak terhadap kehidupan 141 ribu orang.

"Pemerintah telah mengeluarkan peringatan waspada, karena hujan terus berlanjut. Ditambah lagi berdekatan dengan badai siklon tropis Idai, yang diperkirakan terjadi pada Kamis atau Jumat mendatang," ujar juru bicara kabinet, Ana Comoana.

Baca juga: Korea Utara Langgar Sanksi PBB

Comoana menyampaikan hasil pertemuan Dewan Menteri di Maputo, guna membahas penanganan bencana banjir mematikan. Banjir di salah satu negara termiskin Afrika, telah menghancurkan 5.756 unit rumah dan mengancam kehidupan 141.325 orang.

Sejauh ini, terdapat 111 orang korban luka. Adapun fasilitas umum yang hancur mencakup 18 unit rumah sakit dan 938 ruang kelas. Alhasil, 9.763 siswa tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar. Di samping itu, lebih dari 168 ribu hektare lahan pertanian porak-poranda.

Otoritas berwenang mengeluarkan perintah evakuasi wajib bagi penduduk yang tinggal di daerah rawan banjir. "Pemerintah membukan 16 pusat pengungsian di provinsi Zambezia dan Tete, untuk mengakomodasi warga terdampak banjir," imbuh Comoana.

Lebih lanjut, dia menuturkan, pemerintah membutuhkan anggaran sebesar US$ 1,1 miliar meticais atau setara US$ 16 juta, untuk membantu 80 ribu keluarga yang menjadi korban banjir. Wilayah Mozambik rentan terhadap bencana banjir, angin topan dan kekeringan. Pada 2000 lalu, sekitar 800 nyawa hilang akibat terseret banjir.

Bencana banjir mendorong 230 ribu orang mengungsi ke Malawi selatan yang berbatasan dengan Mozambik, meski tanpa tempat berlindung. (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFP/Jim Watson.

Biden Sebut Amerika Serikat tidak akan Terintimidasi oleh Putin

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:39 WIB
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut pencaplokan itu sebagai eskalasi paling serius sejak dimulainya...
AFP/Sergei Karpukhin.

Putin Caplok Wilayah Ukraina, Zelensky Bersumpah Beri Perlawanan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:31 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menggelar upacara akbar di Moskow pada Jumat (30/9) untuk merayakan pencaplokan empat bagian Ukraina yang...
AFP/UGC.

Iran Tangkap Warga Negara Asing terkait Protes Mahsa Amini

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:25 WIB
Iran mengatakan bahwa sembilan orang asing ditangkap selama protes jalanan mematikan yang dipicu oleh kematian wanita Kurdi Mahsa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya