Kamis 05 Januari 2023, 14:52 WIB

Asmaul Husna Allah Al-Baits Membangkitkan Semua Manusia yang Mati

Meilani Teniwut | Humaniora
Asmaul Husna Allah Al-Baits Membangkitkan Semua Manusia yang Mati

DOK Instagram.
Tulisan Arab Al-Ba'its.

 

ORANG beriman pasti meyakini hari kebangkitan atau seluruh manusia dibangkitkan pada yaum al-ba'ats dari alam kubur mereka. Karenanya, salh satu asmaul husna atau nama-nama terindah Allah yaitu Al-Ba'its atau Zat yang Membangkitkan.

Mari kita pahami asmaul husna Al-Ba'its. Dengan demikian kita dapat mengenal Allah yang akan membangkitkan semua manusia dari alam barzakh.

Allah Al-Ba'its

Melansir @limofficial_lirboyo di Instagram, dalam kitab Maqshad al-Asna karya Imam Al-Ghazali dijelaskan bahwa Al-Baits ialah Zat yang menghidupkan seluruh manusia di hari kebangkitan, membangunkan manusia di alam kubur, dan menampakkan yang ada di dalam diri manusia pastinya amal perbuatan selama hidup. Ironi sekali, ketika menganggap kematian hanyalah ketiadaan tanpa mempertimbangkan yang  akan terjadi setelah kematian. 

Baca juga: Ingin Dapat Jodoh tapi Sulit Meraihnya? KH Chalwani Ungkap Zikirnya

Padahal ketika manusia mengalami kematian dan kemudian berpindah ke alam kubur, ada kalanya alam kubur menjadi halaman surga bagi mereka yang punya amal baik dan menjadi bagian setetes neraka bagi mereka yang banyak bermandikan dosa. Pada hakikatnya pembangkitan ialah menghidupkan yang telah meninggal ke dalam bentuk penghidupan yang lain.

Hikmah Al-Ba'its

Lantas apa hikmah yang bisa kita ambil dari Al-Ba'its? Dalam redaksi Al-Qur'an dijelaskan bahwa bodoh diartikan sebagai mati dan tahu diartikan sebagai hidup. 

Baca juga: Asmaul Husna Allah Al-Majid Himpun Makna Al-Jalil, Al-Wahhab, Al-Karim

Maknanya, seseorang yang punya pengetahuan yang lebih lalu menyebarkan ilmunya berarti menjadikan orang lain bangkit dan terlahir kembali dengan kehidupan yang lebih baik. Karena itu, ia akan mendapatkan hidup mulia dan mendapatkan rida Allah Subhanahu wa ta'ala. Begitu pula sebaliknya. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya