Selasa 15 November 2022, 12:10 WIB

Kolaborasi Chandra Asri, SCG, Dow Terapkan Ekonomi Sirkular untuk Kelola Sampah

Budi Ernanto | Humaniora
Kolaborasi Chandra Asri, SCG, Dow Terapkan Ekonomi Sirkular untuk Kelola Sampah

DOK IST
Program Masyarakat Bersih Bebas Sampah yang dilaksanakan selama setahun sejak Oktober 2021.

 

PROGRAM Masyarakat Bersih Bebas Sampah (Mabbes) yang diinisiasi oleh Chandra Asri, SCG Indonesia, dan Dow Indonesia, dan didampingi oleh Vital Ocean Indonesia resmi berakhir pada Sabtu (12/11).

Program tersebut telah diimplementasikan di RW 06, Desa Anyar Kabupaten Serang, Banten bekerja sama dengan Kelompok Kerja (POKJA) Gupi Mandiri. Program tersebut juga merupakan implementasi dari konsep ekonomi sirkular.

Selama 1 tahun pelaksanaannya dari Oktober 2021 sampai Oktober tahun ini, Mabbes disebut sukses mengoperasikan Rumah Sampah Terpadu dengan cakupan pelayanan 212 KK, membuka 4 lapangan pekerjaan yang berperan sebagai petugas angkut dan pilah. Total sampah yang dikelola mencapai 168,3 ton, dengan 39,9 ton sampah daur ulang dan 25,9 ton total sampah plastik.

Adapun Mabbes bertujuan untuk membangun sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan dengan membantu kelompok masyarakat dalam meningkatkan proses pengumpulan dan pengolahan sampah rumah tangga. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan menstimulasi perubahan perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan melalui pemilahan sampah dari sumbernya sebagai bagian dari tanggung jawab terhadap sampah.

Selain itu, program ini juga untuk meningkatkan “circularity” dari material dalam sampah rumah tangga dengan mempromosikan daur ulang utamanya pada plastik untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA sambil berkontribusi pada ekonomi.

Kepala Desa Anyar, Juhaedi mengucapkan terima kasih program Mabbes yang digulirkan di desa dan masyarakat Anyer. “Hasilnya Alhamdulillah, masyarakat Desa Anyar dapat mengelola sampah dengan baik dan benar sampai menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Kami berharap program ini bisa berkelanjutan dan berkesinambungan karena sangat bermafaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Direktur Chandra Asri, Edi Rivai, mengatakan kolaborasi bersama DOW Indonesia dan SCG Indonesia merupakan bentuk komitmen dari industri untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan sistem pengelolaan sampah di Indonesia.

Mabbes dijalankan berdasarkan prinsip ekonomi sirkular sehingga memastikan sampah yang dihasilkan dapat dikelola secara baik dan menjadi bahan baku untuk produk bernilai lainnya. "Kami berharap program ini dapat terus berjalan dan berkembang, sehingga menjadi contoh bagi daerah lainnya dan membantu Pemerintah dalam mencapai target penanganan sampah sebanyak 70% pada tahun 2025," kata Edi.

Sementara itu, Presiden Direktur Dow Indonesia, Riswan Sipayung, menekankan, saat ini dunia membutuhkan kepemimpinan dalam keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

"Dengan memanfaatkan keahlian dan komitmen material science untuk inovasi sirkular dan kolaborasi produktif dengan para mitra di program MaBBes ini, kami ingin mendorong sinergi antar pemangku kepentingan sekaligus perubahan perilaku pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, dimulai dari lingkungan rumah tangga," kata dia.

Riswan mengatakan pihaknya telah menetapkan target keberlanjutan baru dalam mendorong peran ekonomi sirkular dan perlindungan iklim dengan berfokus pada dua masalah yang terkait erat, yakni mengurangi emisi karbon dan mentransformasi limbah plastik.

Lalu Presiden Direktur PT SCG Indonesia, Chakkapong Yingwattanathaworn, menegaskan kolaborasi dan keikutsertaan SCG sebagai perusahaan terkemuka di ASEAN pada program Mabbes merupakan salah satu upaya SCG untuk mendukung pemerintah dalam mencapai 70% sampah terkelola dengan baik dan benar dan 70% pengurangan sampah di laut pada 2025 untuk meraih kehidupan dan lingkungan yang lebih baik serta berkelanjutan.

Program itu juga merupakan implementasi strategi SCG ESG 4 Plus khususnya pada poin upaya mencapai net-zero dan merangkul kolaborasi. Yingwattanathaworn berharap program ini dapat menginspirasi pihak-pihak lain untuk bersama-sama menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.

Sampah yang telah terkumpul akan dilakukan proses pemilahan lebih lanjut di Rumah Sampah Terpadu. Hasil pilahan sampah organik diolah melalui proses kompos untuk menjadi pupuk yang akan digunakan oleh masyarakat setempat untuk bercocok tanam. Hasil sampah non-organik dijual ke pelapak setempat dan sampah plastik residu dikelola melalui mesin pirolisis menjadi BBM Plas pada IPST ASARI yang dibina oleh Chandra Asri.

Tidak hanya itu, Mabbes juga sukses melaksanakan kegiatan Bank Sampah yang telah tercantum dalam Peraturan Desa Anyar sejak Desember 2021. Respon positif datang dari masyarakat dimana saat ini nasabah bank sampah telah mencapai 76 KK (36% dari total KK yang berpartisipasi dalam program MaBBes).

Mabbes telah memberikan dampak terhadap warga RW 06 Desa Anyar sehingga adanya perubahan perilaku masyarakat yang semula membuang sampah sembarangan di sungai atau lahan kosong, menjadi sadar untuk bertanggung jawab terhadap sampah masing-masing dan kebersihan lingkungannya. (R-3)

Baca Juga

Antara/Novrian Arbi.

Anak Lemas dan tidak Aktif Pertanda Sistem Imunnya Lemah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:13 WIB
Gejala sistem imun anak lemah dapat diketahui, semisal anak lemas dan tidak aktif. Ini perlu dicurigai ada kelainan atau kekurangan...
Ist

Ketua DPD Dorong Penyelamatan Kebencanaan Masuk Kurikulum Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:09 WIB
Menurut LaNyalla, bencana yang terjadi tak jarang memakan korban siswa yang masih melakukan aktivitas di lingkungan...
Ist

Teknologi Terkini Tingkatkan Performa Atlet dan Kebugaran Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 19:55 WIB
Parameter Pace berlari, power, bike fitting sudah menjadi suatu term yang tidak asing bagi mereka para penghobi yang gila olahraga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya