Selasa 08 November 2022, 08:00 WIB

PPKM Diperpanjang Setelah Ada Lonjakan Kasus

Indriyani Astuti | Humaniora
PPKM Diperpanjang Setelah Ada Lonjakan Kasus

MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi PPKM.

 

Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hal itu dilakukan karena kasus harian Covid-19 peningkatan khususnya di Pulau Jawa dan Bali.

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal menjelaskan PPKM Level 1 diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2022 untuk PPKM di Jawa dan Bali, berlaku mulai tanggal 8 November- 21 November 2022. Sedangkan Inmendagri Nomor 48 Tahun 2022 untuk PPKM di Luar Jawa dan Bali berlaku mulai 8-5 Desember 2022. "PPKM tetap akan diperpanjang untuk menekan laju kenaikan covid-19." Terang Safrizal, Selasa (8/11).

Menurut Safrizal kenaikan kasus aktif Covid-19 disebabkan mulai longgarnya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan. Oleh karena itu, pemerintah daerah diminta menerapkan protokol kesehatan di masyarakat, memaksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, dan mendorong vaksinasi dosis ketiga/booster.

"Disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi dosis ketiga/booster menjadi senjata ampuh masyarakat untuk memproteksi diri dari ancaman Subvarian Omikron XBB," tutup Safrizal. Menurut keterangan Kementerian Kesehatan, Subvarian Omikron XBB merupakan varian yang diduga cepat menular. Sejumlah negara melaporkan kenaikan kasus yang dikaitkan dengan XBB. Meski demikian menurut Safrizal, sejumlah pakar mengatakan sebaran subvarian Omikron XBB di Indonesia masih relatif rendah.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan kasus harian terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia bertambah 3.662 orang hingga 6 November 2022 pukul 12.00 WIB. Pada (5/11/2022), angka kasus harian tercatat bahkan mencapai 4.717 kasus per hari. (OL-12)

Baca Juga

dok.UMJ

Alumnus UMJ Harus Bisa Memberikan Manfaat Dan Kontribusi Untuk Bangsa

👤Naufal Zuhdi 🕔Sabtu 26 November 2022, 14:55 WIB
REKTOR UMJ, dr. Ma'mun Murod Al-Barbasy mengatakan bahwa UMJ selalu konsisten tidak hanya memberikan bekal ilmu pendidikan akademik dan...
dok.UBTH

Di Dies Natalis 1, UBTH Tasikmalaya Siap Hadapi Perubahan Zaman

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 14:50 WIB
UNIVERSITAS Bakti Tunas Husada (UBTH) Tasikmalaya, Jawa Barat akan merayakan Dies Natalis perdana pada 15 Desember...
MI/Ramdani

Bacaan Sujud Syukur Latin, Arab, dan Tata Caranya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Sabtu 26 November 2022, 14:45 WIB
Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai upaya mensyukuri nikmat Allah karena telah memberikan nikmat atau terlepas dari bahaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya