Minggu 06 November 2022, 14:24 WIB

Menkominfo: Suksesi KTT G20 Tanggung Jawab Semua

Cahya Mulyana | Humaniora
Menkominfo: Suksesi KTT G20 Tanggung Jawab Semua

Antara
Wisatawan mengunjungi area Garuda Wisnu Kencana di Badung, Bali, jelang KTT G20.

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate menerangkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 merupakan kebanggaan, sekaligus tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. 

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari perhelatan itu, termasuk kontribusi Indonesia dalam memulihkan perekonomian dunia.

"Suksesi KTT G20 merupakan tanggung jawab bersama seluruh rakyat Indonesia. Masing-masing memiliki peran untuk berkontribusi mensukseskannya," ujar Johnny saat dihubungi, Minggu (6/11).

Baca juga: Jokowi akan Berkunjung ke KTT Asean Sebelum Hadiri G20

Menurutnya, masyarakat Indonesia, terutama yang berada di Bali, harus mentaati protokol kesehatan dan bersama-sama menjaga keamanan. Sebab, kehormatan Indonesia dipertaruhkan dalam perhelatan internasional tersebut.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga akan memperoleh manfaat yang luar biasa dari KTT G20. Seperti, peningkatan kunjungan wisatawan dan okupansi penginapan, hingga dampak ekonomi lainnya. 

"Juga bagaimana G20 dapat memberikan manfaat kepada dunia, dengan memastikannya dapat melahirkan solusi pemulihan ekonomi. Bagaimana menghadapi resesi dan krisis," pungkasnya.

Baca juga: Selama KTT G20 di Bali, Kemenhub Berlakukan Ganjil Genap

Adapun persiapan KTT G20 dari aspek teknis, logistik, hingga substansi, hampir rampung dengan persentase mencapai 98%. Termasuk, jaringan komunikasi, akses energi dan tempat parkir pesawat, sudah dipersiapkan secara matang.

"Kita juga sudah melibatkan BMKG dan BNPB untuk mitigasi potensi dan evakuasi jika terjadi sesuatu. Pengaturan lalu lintas sudah di-mapping pihak kepolisian, begitu juga keamanan yang melibatkan TNI," tutur Johnny.

Lalu, beberapa hal teknis yang akan menyempurnakan persiapan KTT G20, seperti venue media center, baru akan disediakan pada 10 November mendatang.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Perguruan Tinggi Dituntut Mampu Adaptasi dengan Kebutuhan Industri 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:31 WIB
Fokus Pendidikan tidak lagi pada produksi materi siaran televisi, melainkan pada produksi konten media digital dengan pelbagai...
Ist

Bencana Alam Terjadi Akibat tidak Terapkan Khilafah Pendapat Sesat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:24 WIB
Terlalu naif kelompok radikal mengklaim bencana alam karena Indonesia tidak menerapkan sistem khilafah karena faktanya memang tidak...
Antara/Novrian Arbi.

Anak Lemas dan tidak Aktif Pertanda Sistem Imunnya Lemah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:13 WIB
Gejala sistem imun anak lemah dapat diketahui, semisal anak lemas dan tidak aktif. Ini perlu dicurigai ada kelainan atau kekurangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya