Jumat 28 Oktober 2022, 11:42 WIB

Pengertian Interpersonal Skill dan Contoh

Meilani Teniwut | Humaniora
Pengertian Interpersonal Skill dan Contoh

Ilustrasi
-

 

INTERPERSONAL komunikasi menjadi salah satu soft skills yang paling dibutuhkan saat ini. Selain di dunia kerja nanti, keterampilan interpersonal juga penting dalam kehidupan kita sekarang, sobat.

Kenapa bisa demikian? Nah, pertama kita harus ketahui dulu apa yang dimaksud dengan keterampilan interpersonal atau interpersonal skill, dan seperti apa,skill atau keterampilan super penting ini. Yuk disimak!

Baca juga: PPM School of Management Berikan Beasiswa Insan Pendidikan Bagi Anak Guru

1. Pengertian Interpersonal Skill

Kemampuan interpersonal atau interpersonal skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh karyawan saat berkomunikasi dengan orang lain, baik rekan kerja, atasan, maupun klien. Skill ini termasuk dalam jenis soft skill, artinya dilatih sebagai bentuk pengembangan diri di dunia kerja. Karyawan bisa dikatakan memiliki soft skill yang kuat apabila mereka mampu berkomunikasi dengan efektif.

Berdasarkan pengertiannya oleh KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Inter memiliki makna yaitu diantara dua atau ditengah, yang berarti diantara dua sesuatu, baik hal tersebut berupa objek hidup maupun objek mati dan seringkali lebih identik dengan interaksi yang terjadi antara dua objek tersebut. Kata personal memiliki makna yang berarti bersifat pribadi atau perorangan.

Dilaporkan dari The Muse, interpersonal skill adalah semua perilaku yang mendukung kita untuk bekerja sama dengan orang lain, baik itu atasan, rekan kerja, atau klien.

Sedangkan, Indeed menyatakan jika interpersonal skill merupakan suatu kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain.

2. Contoh Interpersonal Skill yang Harus Dimiliki

1. Kemampuan komunikasi
Contoh pertama dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi sendiri merupakan salah satu keterampilan yang paling penting untuk dimiliki setiap orang ketika memasuki dunia pekerjaan.

Hal ini dikarenakan, dalam sebuah perusahaan adanya komunikasi yang baik antara satu orang dengan orang lainnya dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan semua pihak mampu memahaminya. Namun, seringkali tetap saja banyak orang yang menganggap kemampuan komunikasi bukanlah hal yang penting.

Padahl, dengan adanya kemampuan komunikasi yang baik akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan serta berguna untuk membangun hubungan yang baik antara setiap orang yang berada di lingkungan kerja tersebut.

Komunikasi sendiri seringkali bukan hanya bagaimana kamu berbicara. Namun, komunikasi non verbal yang melibatkan bahasa tubuh serta berkomunikasi lewat tulisan juga merupakan hal yang penting. Dimana jika apa yang kita bicarakan dengan gerak tubuh kita berlawanan maka pesan yang ingin disampaikan akan sulit diterima pendengarnya.

2. Rasa empati terhadap orang lain
Contoh kedua dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah memiliki rasa empati terhadap orang lain untuk membangun hubungan yang baik antara satu sama lain.

Dengan adanya rasa empati dalam diri, kamu akan lebih mudah memahami dan merasakan apa yang dirasakan rekan kerja, atasan, atau bahkan klien. Rasa empati dapat membantu kita untuk menempatkan diri di posisi pembicara, dimana seringkali ketika seseorang berbicara kepada kita yang mereka inginkan itu adalah orang yang mampu memahami dan mengerti mereka.

Kemampuan ini sendiri merupakan hal penting yang seringkali dicari oleh perusahaan dalam merekrut calon karyawannya karena dengan memiliki rasa empati yang tinggi seseorang dapat membuat tempat kerja atau lingkungan kerja mereka menjadi lebih positif dan bersahabat.

3. Kemampuan mendengarkan dengan baik
Contoh ketiga dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan mendengarkan dengan baik. Walaupun terdengar mudah, menjadi pendengar yang baik bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang dapat menjadi pendengar yang baik.

Dengan memiliki kemampuan ini beserta dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu dapat dengan mudah membuat hubungan yang baik dengan orang lain karena adanya rasa saling menghargai, dimana ketika orang lain berbicara kamu mampu mendengarkan dengan serta ketika kamu menjawab pertanyaan dari lawan bicara maka kamu bisa membalas dengan jawaban yang sesuai karena memiliki kemampuan komunikasi tersebut.

Serta dengan menjadi pendengar yang baik, kamu juga bisa dihormati orang lain, karena sebelum dihormati kamu sudah menghormati orang lain terlebih dahulu dengan mau mendengarkan cerita atau masalah yang mereka sampaikan kepada kamu.

4. Kemampuan problem solving
Contoh keempat dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sebuah masalah dan mencari solusi yang tepat di dalam lingkungan kerja.

Berdasarkan Robert Half sebagai salah satu perusahaan besar yang ada di dunia, menyatakan bahwa kemampuan problem solving ini merupakan sebuah kualitas yang harus dimiliki oleh setiap karyawan di sebuah tempat kerja.

5. Rasa kepemimpinan 
Contoh kelima dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah memiliki rasa kepimpinan. Kemampuan ini juga merupakan salah satu keterampilan interpersonal yang penting untuk dimiliki setiap karyawan di tempat kerja.

Hal ini dikarenakan, walaupun kamu bukanlah seseorang dengan jabatan manajer dan atasan lainnya seringkali kamu tetap dituntut untuk dapat mengambil sebuah keputusan yang harus kamu pertanggungjawabkan sendiri apapun konsekuensinya.

Selain itu, dengan memiliki kemampuan ini kamu dapat bekerja sama dengan rekan kerja yang lain dengan mudah, hal ini dikarenakan dengan memiliki rasa kepemimpinan kamu dapat merangkul rekan kerja serta meminta pendapat dan mendengarkan pendapat tersebut dengan baik sehingga masalah yang ada dapat terpecahkan.

6. Kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan
Contoh keenam dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan oleh orang lain. Selain memiliki keterampilan dalam mendengar, kamu harus dapat memahami apa yang lawan bicaramu katakan sebagai bagian dari bentuk komunikasi.

Kemampuan ini juga termasuk salah satu keterampilan interpersonal. Dengan memiliki keterampilan untuk memahami sebuah informasi kamu bisa menarik kesimpulan atau menjelaskannya lagi jika diperlukan suatu saat. Hal ini dapat kamu latih melalui latihan dari hal-hal yang kamu lakukan setiap harinya.

7. Kemampuan untuk membangun serta memelihara hubungan
Contoh ketujuh dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk membangun serta memelihara hubungan dengan orang lain. Banyak orang yang sulit untuk membangun apalagi memelihara hubungan yang mereka miliki.

Kemampuan ini merupakan sesuatu yang penting, dikarenakan ketika kamu diharuskan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, kamu harus dapat membangun hubungan baru dengan orang sekitar agar proses adaptasi terasa lebih mudah. Selain itu, hubungan yang kamu miliki dengan lingkungan lama tidak boleh terbengkalai pula.

Dengan memiliki hubungan dengan beragam orang, kamu dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari. Karena, seringkali kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan dan memiliki koneksi yang baik akan sangat bermanfaat.

8. Kemampuan memberikan tanggapan yang baik
Contoh kedelapan dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk memberikan tanggapan atau feedback yang sesuai. Ketika kamu memasuki dunia kerja, seringkali banyak orang atau pihak yang menuntut kamu untuk memberikan feedback atau tanggapan mengenai hal apapun.

Dengan hanya berdiam diri, atau tidak memberikan tanggapan yang sesuai kamu bisa dikucilkan atau bahkan dikeluarkan dari sebuah perusahaan. Karena, walaupun itu bukanlah ruang lingkup pekerjaanmu, setiap perusahaan membutuhkan karyawannya untuk dapat beradaptasi dengan baik.

Selain itu, dengan mampu memberikan tanggapan yang baik hal tersebut menjadi pertanda bahwa kamu mendengarkan apa yang disampaikan dan peduli terhadap perkembangan serta pertumbuhan perusahaan dimana tempat kamu bekerja.

9. Kemampuan untuk membujuk orang lain
Contoh kesembilan dari keterampilan interpersonal atau interpersonal skill yang harus dimiliki oleh seseorang dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk membujuk orang lain. Ketika kita masih kecil dan menginginkan sesuatu, kita akan mencoba membujuk orang tua kita untuk membelikannya.

Hal tersebut tidak berbeda jauh di dunia kerja, dimana kemampuan ini akan tetap digunakan ketika kamu diharuskan untuk membangun kerja sama dengan orang lain seperti klien. Dimana untuk mendapatkan persetujuan dari klien bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu dengan memiliki kemampuan ini kamu dapat menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi.

Seperti contohnya, ketika kamu bekerja di sebuah perusahaan, untuk menyelesaikan tugas yang kamu miliki kamu harus meminta tolong kepada divisi lain yang bersangkutan untuk membantu. Namun, jika kamu meminta tolong sama saja seperti memberikan tugas tambahan kepada divisi tersebut.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk membujuk, mereka dapat dengan mudah menolak permintaan kamu, tapi jika kamu menggunakan kemampuan yang kamu miliki maka kemungkinan untuk mendapat bantuan dari divisi yang bersangkutan akan semakin besar. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Fakhri

Besok, Migrasi Siaran Analog ke Digital Tahap II Diberlakukan di 4 Provinsi

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:55 WIB
ANALOG Switch Off (ASO) tahap II akan dilakukan pada 2 Desember 2022 dimulai pukul 24.00 oleh penyelenggara Multipleksing (MUX). Empat...
MUI

MUI : Dana Talangan Haji Hukumnya Mubah dengan Syarat

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:45 WIB
MUZAKARAH Perhajian Indonesia Tahun 2022 melarang penggunaan dana talangan haji karena mengakibatkan antrean haji semakin panjang....
MI/Ramdani

Temui Produk Berbahaya dan Mencurigakan di Tokopedia? Laporkan!

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:40 WIB
 Tokopedia memiliki fitur Laporkan jika masyarakat menemui produk berbahaya atau penjual yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya