Jumat 30 September 2022, 12:41 WIB

Kenang G30S/PKI, Warga Diajak Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Kenang G30S/PKI, Warga Diajak Kibarkan Bendera Setengah Tiang

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi--Bendera Merah Putih dikibarkan setengah tiang.

 

PERISTIWA G30S/PKI merupakan sebuah peristiwa yang kelam namun bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Begitu banyak pahlawan yang gugur dalam membela negara Indonesia.

Tahun ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Hal tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur pada peristiwa G30S PKI.

Ajakan tersebut terdapat dalam surat yang diterbitkan di website resmi Kemendikbudristek dengan nomor 59868/MPK.F/TU.02.03/2022 tentang pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022.

Baca juga: Yuk Mengenal 7 Pahlawan Revolusi yang Menjadi Korban PKI 

Poin kelima dari surat tersebut berbunyi:

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2022 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan pada tanggal 1 Oktober 2022 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh.”

Bendera setengah tiang tersebut ditulis dalam UU no. 24 tahun 2009 Pasal 12 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, Bendera Negara yang mana bisa digunakan sebagai tanda untuk perdamaian, tanda berkabung, dan/atau tanda usungan jenazah.

Pengibaran bendera setengah tiang merupakan sebuah tanda bahwa masyarakat ikut berkabung atas gugurnya 7 Jenderal Militer dalam peristiwa G30S dan semua orang yang ikut menjadi korban pada tragedi itu. (OL-1)

Baca Juga

Dok. BPIP

Tekan Angka Stunting, BPIP dan BKKBN Akan Libatkan Paskibraka Duta Pancasila 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 21:09 WIB
Menurutnya, BKKBN merupakan mitra strategis BPIP mengingat tugas dan fungsinya yang sangat penting di dalam mendukung Pancasila dalam...
Antara/Oky Lukmansyah.

Mitos usai Operasi Jangan Makan Ikan, Telur, Ayam

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 20:41 WIB
Banyak masyarakat Indonesia yang meyakini bahwa mengonsumsi ikan, telur, hingga ayam pascaoperasi justru menyebabkan rasa gatal pada luka...
Dok. OneSmile Aligner

OneSmile Aligners Hadirkan Alternatif Perawatan Gigi Selain Penggunaan Kawat Gigi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 20:39 WIB
OneSmile Aligners menghadirkan teknologi digital tercanggih dari Jerman, Prancis, dan Amerika, 3D printing manufacturing solutions dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya