Kamis 30 Juni 2022, 16:35 WIB

Sejarah Tiongkok dengan Malaka Inspirasi Menu Gaya Peranakan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Sejarah Tiongkok dengan Malaka Inspirasi Menu Gaya Peranakan

DOK Pribadi.
Menu khas gaya peranakan.

 

ADA sejarah Tiongkok tentang Dinasti Ming saat mereka mengirim armada ke Malaka dan banyak dari mereka menetap di beberapa bagian Semenanjung Malaka. Daerah ini sekarang menjadi negara Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Perpaduan kedua budaya tersebut menciptakan konsep unik yang melibatkan peralatan makan, suasana, serta penyajian yang bergaya peranakan.

Itu menjadi inspirasi Djaman Doeloe Resto & Bar meramu kombinasi menu unik terbaru untuk para tamu di Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah, pada Jumat (1/6). Menu tersebut terdiri atas hidangan peranakan yang merupakan hasil akulturasi ragam makanan Indonesia dan Tiongkok yang diracik oleh koki ternama di Indonesia.

Hidangan-hidangan baru tersebut termasuk makanan ringan, seperti Salted Egg Spring Roll dan Crispy Combo Platter, Sup Penang Laksa, serta berbagai macam olahan nasi dan mi dan hidangan utama, termasuk Pan Seared Gindara a la Nyonya dan Es Campur Djaman Doeloe. "Tim food and beverage kami yang digawangi oleh Chef Lukman Santoso berusaha meracik bahan dan rempah terbaik dari Indonesia dan Tiongkok untuk menghidangkan ragam masakan peranakan yang otentik. Fokus kami memenuhi permintaan dan harapan pelanggan yang semakin meningkat," jelas Alamsyah Jo, General Manager Complex The Westin Surabaya and Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah.

Selain itu, para tamu dapat menikmati pengalaman bersantap yang unik sambil dilayani oleh pramusaji laki-laki berpakaian Hanfu Chinese Linen dan pramusaji perempuan berpakaian Cheongsam Kebaya. Kombinasi masakan Indonesia dan Tiongkok tersebut juga akan dilengkapi dengan suasana interior khas dengan aksen kayu dan vas biru klasik. Musik dan lagu tradisional Tiongkok juga akan diputar sehingga memberikan tamu pengalaman budaya peranakan secara langsung.

Untuk tamu yang tertarik untuk menikmati kombinasi kelezatan budaya dan cita rasa menu andalan bergaya Peranakan, dapat mengunjungi resto mulai pukul 06.00 hingga 22.00. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi @fourpointssurabayapakuwon di Instagram. (RO/OL-14)

Baca Juga

DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...
Antara

Masta, Masakan Sehat Atasi Stunting dari Garut

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kabupaten Garut menjadi daerah dengan prevalensi stunting tertinggi se-Jawa...
Antara

170,6 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:40 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 14.732 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya