Rabu 25 Mei 2022, 21:40 WIB

Presiden Jokowi Kunjungi Rumah Resiliensi Di Pameran Adexco 2022

Widhoroso | Humaniora
Presiden Jokowi Kunjungi Rumah Resiliensi Di Pameran Adexco 2022

DOK Adexco
Presiden Joko Widodo mengunjungi Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (Adexco) 2022.

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) bersama Deputy Secretary General dan perwakilan delegasi membunyikan kentongan Bali (kulkul) saat membuka Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di BNDCC, Nusa Dua Badung, Bali Rabu (25/5). Ketukan Presiden Jokowi menandai pembukaan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 yang hingga 28 Mei 2022.

Setelah membuka GPDRR, Presiden dan rombongan menteri dan pejabat negara lainnya melanjutkan kunjungan ke pameran Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (Adexco) 2022 dan Rumah Resiliensi Indonesia. Tiba di lokasi pameran, Presiden dan rombongan disambut Direktur Operasional Adexco Andrian Cader dan Dr Puji Pujiono. Presiden beserta rombongan terlihat antusias mengunjingi satu per satu stan sarana prasarana penanggulangan bencana karya anak bangsa.

Chief Executive Officer (CEO) Adexco, Novry Hetharia berterima kasih kepada Presiden, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan semua pihak terkait dari pemerintah dan swasta. Ia berharap penanggulangan bencana di masa mendatang bisa lebih baik dimulai dari kolaborasi pemerintah dan swasta.

"Harapannya, kegiatan seperti ini rutin kita lakukan. Sebagai mitra pemerintah, kami akan berjuang Indonesia menjadi tuan laboratorium penanggulangan bencana di dunia," katanya.

Menurutnya, sebagai mitra pemerintah, kolaborasi seperti ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan khususnya bagi industri Indonesia untuk menciptakan teknologi tangguh hadapi bencana. Selanjutnya, acara serupa akan digelar di Jakarta, kemudian selanjutnya menyesuaikan  dengan jadwal kegiatan BNPB dimana lokasi penyelenggaraan selanjutnya.

"Tahun ini kita menyesuaikan dengan kegiatan agenda BNPB dimana lokasinya, kami menyesuaikan, mendukung pemerintah dan industri terkait demi membuat Indonesia tangguh hadapi bencana," katanya.

Adexco terselanggara berkat dukungan BNPB, Kementrian Perindustrian, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta pihak swasta lainnya. Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menjelaskan event internasional ini mempertemukan seluruh pelaku penanggulangan bencana di dunia.

"Salah satu event di sini yang mendukung penyelenggaraan GPDRR 2022,  yakni pameran penanggulangan kebencanaan. Di sini juga ada Rumah Resiliensi Indonesia, tempat bergabungnya semua pelaku pengurangan bencana yang ada di Indonesia. Kemudian ada mitra BNPB, dan semua unsur pentahelix yang berhubungan dengan resiko pengurangan bencana," jelasnya.

Lilik juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi usai mengunjungi Pameran Adexco dan Rumah Resiliensi Indonesia. "Tadi Presiden Jokowi mengatakan beberapa hal setelah melihat hal- hal baru, yang ada di pameran.Termasuk mobil edukasi penanggulangan bencana, mobil literasi yang bisa jangkau warga yang tinggal di daerah bencana.  Perintah presiden diperbanyak lagi," katanya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...
Ist

Swiss Cafe Restaurant, Pondok Indah, Gelar Chef Collaboration Series

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:53 WIB
Swiss Cafe Restaurant, Swiss-Belhotel Pondok Indah, menyelengarakan kembali kegiatan demo masak bersama Swiss-Belresidences Rasuna...
ANTARA

204 Orang Calon Haji Ikut Safari Wukuf

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:50 WIB
Jumlah 204 jemaah yang diusulkan untuk disafariwukufkan tersebut sifatnya masih dinamis, nanti akan bisa ditentukan di hari terakhir H-1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya