Jumat 29 April 2022, 11:35 WIB

Manasik Haji Dipersingkat jadi 6 Kali

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Manasik Haji Dipersingkat jadi 6 Kali

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL
Jemaah calon haji mengikuti pelatihan manasik di Al Mahmudah Manasik Haji Training Centre Setu, Tangerang Selatan, Minggu (20/3/2022).

 

DIREKTUR Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengungkapkan untuk pelaksanaan manasik haji akan dipersingkat menjadi 6 kali saja dengan rincian 4 kali di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan 2 kali di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Hal itu dilakukan mengingat waktu keberangkatan kloter I yang semakin dekat. Sebelumnya jemaah haji melakukan manasik sebanyak 10 kali dengan rincian 8 kali di KUA Kecamatan dan 2 kali di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

"Pembekalan untuk jemaah, kita sudah sepakat manasik akan lebih singkat tidak seperti biasanya 10 kali dengan rincian 8 kali di KUA dan 2 Kali di Kantor Kemenag, kemarin kita sudah sepakati 6 kali dengan rincian 4 kali di KUA dan 2 kali di Kantor Kemenag," kata Hilman Jumat (29/4).

Baca juga: Komisi IX Minta Kemenkes Hindari Penggunaan Vaksin Kedaluwarsa

Dengan begitu, lanjut Hilman, materi akan dibuat lebih condense atau lebih padat agar substansinya tetap tersampaikan kepada jemaah haji.

Hilman mengungkapkan bahwa dikabarkan di beberapa daerah jemaah sudah memantau daftar nama yang berhak berangkat maupun yang masih masuk daftar tunggu, dirinya memastikan informasi tersebut tidak valid. Dirinya berharap kejadian ini tetap dimitigasi sehingga nantinya berita bohong atau hoaks tidak ada lagi.

"Kita berharap betul kita serius menyelenggarakan ibadah haji ini, karena jemaah sekarang memantau nama-nama yang akan berangkat, mereka sudah tahu entah dari mana dapatnya, di berbagai daerah informasi tersebut sudah menyebar, kejadian ini akan tetap kita mitigasi agar jangan sampai menjadi bahan didaerah nanti yang muncul berita yang kurang baik itu, jadi nanti penyampaian ke masyarakat juga lebih pas," jelasnya.

Diketahui Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1443H/2022M bahwa jemaah akan masuk asrama haji pada tanggal 3 Juni 2022. Untuk perjalanan dari Indonesia dibagi menjadi 2 kloter yakni keberangkatan kloter pertama tanggal 4-18 Juni menuju ke Madinah dan kloter kedua pada 19 Juni hingga 3 Juli melalui Jeddah, Arab Saudi. (H-3)

Baca Juga

Ist

Gerakan Kemuliaan Manusia Selamatkan Generasi dari Krisis Moral

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:01 WIB
Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Hargabas) 2022, Koalisi Nasional Perlindungan Keluarga (KNPK) Indonesia mengusung tema...
Dok. FKG UI

FKG UI Beri Edukasi Kesehatan Gigi dan Gusi Bagi Ibu Hamil di Muara Gembong

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:00 WIB
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Periodonsia FKG UI itu ditujukan kepada Ibu PKK dan Kader Posyandu di Kecamatan Muara Gembong...
DOK/HUMAS PT POS INDONESIA

Menteri BUMN Mengungkap Visi untuk Kota Tua

👤Naviandri 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:30 WIB
Erick ingin Kota Tua juga mengalami transformasi serupa seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya