Rabu 13 April 2022, 14:20 WIB

Penanggung Jawab Masjid Harus Awasi Prokes Selama Ibadah 

Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora
Penanggung Jawab Masjid Harus Awasi Prokes Selama Ibadah 

Antara
Umat Islam melaksanakan salat Tarawih di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat.

 

SATGAS Penanganan Covid-19 mengingatkan pihak masjid atau musala menyiagakan petugas atau tim khusus. Tim tersebut bertanggung jawab untuk mengawasi protokol kesehatan selama jemaah beribadah.

"Penanggung jawab masjid atau musala harus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan selama ibadah Ramadan dan Idulfitri," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan resmi, Rabu (13/4).

Menurut Wiku, petugas khusus tersebut juga berperan menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada jemaah. Lalu, mengingatkan jemaah bila ada yang lalai menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Periode Mudik Ujian Menjaga Kasus Covid-19 Terkendali

"Kepada masyarakat, diperbolehkan melakukan salat tarawih, iktikaf, tadarus Al-Qur'an, pengajian, zakat, infaq, sedekah dan wakaf, dengan tetap mematuhi semua protokol kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, pihaknya meminta masyarakat mempertimbangkan faktor urgensi dan risiko penularan covid-19 saat hendak beraktivitas. Hal itu mencakup sahur di jalan, ngabuburit, buka bersama atau kegiatan open house.

Baca juga: Kemenag: Ramadan Momen Tepat Mempercepat Vaksinasi

"Mohon selalu memantau perkembangan peraturan terbaru yang berlaku di domisili atau tujuan perjalanannya," pungkas Wiku.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pengendalian penularan covid-19 sangat krusial. Sebab, kondisi pandemi covid-19 di Indonesia semakin membaik.

"Perlu diingat bagi populasi rentan, seperti lansia, orang dengan penyakit penyerta dan orang yang belum divaksin lengkap, agar berhati-hati dalam melakukan interaksi sosial," tutupnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Antara

Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 1.831 Orang

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:40 WIB
Sedangkan, untuk kasus aktif bertambah 754 sehingga menjadi 13.968...
Antara

Ibu Hamil dan Menyusui Harus Berhati-Hati dalam Memilih Skincare

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:24 WIB
Penggunaan bahan tertentu pada produk skincare, tidak langsung terdeteksi melalui USG dan dikhawatirkan mengganggu perkembangan otak...
Antara

Menkes: Berantas Narkoba, Wujudkan Generasi Unggul

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:10 WIB
Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, yang berperan penting dalam program pembangunan negara. Pada 2030, Indonesia akan mencapai bonus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya