Senin 04 April 2022, 08:05 WIB

Dewan Masjid Indonesia Minta Salat Tarawih Tetap Disiplin Prokes

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Dewan Masjid Indonesia Minta Salat Tarawih Tetap Disiplin Prokes

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi

 

SEKJEN Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruqutni menjelaskan bahwa DMI telah mengimbau kepada seluruh masjid di Indonesia agar menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama menjalankan ibadah Ramadan 1443 H. Pelaksaan ibadah salat tarawih dapat dilaksanakan, namun dengan ketentuan kerja sama jemaah dan pihak masjid untuk menaati prokes.

"DMI mengeluarkan Surat Edaran (SE) Pelaksanaan Kegiatan Ibadah Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi yang isi pokoknya anjuran untuk pengurus masjid dan jemaah sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik," kata Imam kepada Media Indonesia, Minggu (3/4).

Masalahnya, lanjut Imam, meski pandemi covid-19 mereda akan tetapi pandemi ini belum usai bahkan kasusnya masih saja ada. Sedangkan intensitas umat Islam untuk berkumpul (jemaah) dan kunjung ke masjid di Ramadan ini meningkat.

"Jadi SE DMI lebih terutama disemangati oleh kaidah penetapan hukum yakni mempertimbangkan kemungkinan risiko buruk dalam hal ini merebaknya kembali pandemi Covid-19," ujarnya.

Hal itu lebih diutamakan dari pada mengambil kebaikan yang ada dalam hal ini berjamaah biar kembali seperti sebelum ada pandemi.

"Adapun bagian pengajur agar shalat jemaah berjalan seperti sebelum covid-19 karena mereka berpendapat dikarenakan kondisi kedaruratan dianggap sdh ada maka kehidupan dan pola ibadah kembali seperti sedia kala," pungkasnya. (H-2)

 

Baca Juga

Freepik

Guru Besar IPB Perkirakan Tahun 2029, 1 dari 2 Orang Dewasa Alami Obesitas

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 12:18 WIB
Penyebab obesitas terdiri dari dua faktor utama, yaitu faktor biologi dan flingkungan. Faktor biologi terdiri dari genetik, mikrobiota...
Dok. SWISS-belhotel Pondok Indah

Yuk, Nikmati Paket Liburan Keluarga Di Swiss-belhotel Pondok Indah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:56 WIB
Paket berlaku hari Jumat hingga Minggu dengan harga Rp2.888.888 net sudah termasuk 2 malam menginap di kamar Family Two Bedroom atau...
Youtube Sekretariat Presiden

Jokowi Beri Tanda Kehormatan bagi Nakes yang Gugur karena Covid-19

👤 Indriyani Astuti, Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:54 WIB
Presiden RI menganugerahkan tanda-tanda kehormatan tersebut kepada 7 perwakilan penerima tanda kehormatan dari total keseluruhan sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya