Selasa 29 Maret 2022, 23:30 WIB

Menteri PPPA Minta Masyarakat Berani Laporkan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Mediaindonesia.com | Humaniora
Menteri PPPA Minta Masyarakat Berani Laporkan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

ANTARA
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga.

 

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengajak semua pihak, termasuk korban, untuk berani bicara dan mengungkap kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Siapa saja yang melihat dan mendengar adanya kekerasan dapat melaporkan kasusnya melalui call center Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 atau WhatsApp 08111129129," kata Menteri Bintang melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (30/3).

Baca juga: Kemenkes Inisiasi Penyetaraan Sertifikat Digital Vaksinasi

Menteri Bintang menegaskan bahwa seluruh pihak wajib memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak sebagai kelompok rentan menjadi korban tindak kekerasan, khususnya dalam ranah domestik, tempat berbagai data menunjukkan bahwa jenis kekerasan tersebut yang paling banyak dialami perempuan.

Ia mengatakan bahwa perlindungan terhadap perempuan harus ditegakkan karena sesuai dengan hak asasi manusia dalam konstitusi UUD NRI Tahun 1945 yang menjamin hak warga negara atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hak-hak itu sejalan dengan prinsip Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan).

Menteri Bintang Puspayoga menegaskan bahwa Pemerintah wajib memenuhi dan melindungi hak asasi perempuan salah satunya melalui Undang-undang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT).

Ia menjelaskan bahwa  UU PKDRT mengatur langkah-langkah antisipasi lahirnya kekerasan baru serta adanya kejelasan sanksi bagi pelaku kekerasan dan memastikan ada jaminan akses keadilan bagi perempuan korban kekerasan. (Ant/OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kasus Cavid-19 Meningkat, Masyarakat Diimbau Tetap Terapkan Prokes

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:18 WIB
Data dua hari lalu menunjukan kasus covid-19 bertambah sebanyak 1.907 kasus baru covid-19, Kamis (23/6/2022). Total kasus aktif kini...
MI/Gabriel Langga

Cegah Kasus Asusila Jalanan, Pemkab Sikka Perbaiki Penerangan Jalan

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:03 WIB
LAMPU penerangan jalan umum (LPJU) di sejumlah titik di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur mulai...
Dok. fabe-Castell

Bantu Siapkan Tahun Ajaran Baru, Faber-Castell Kampanyekan #Amanberkreasi dan Promo Khusus

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:56 WIB
Orang tua harus memilih produk yang aman hal ini dikarenakan saat anak sedang asyik menulis, menggambar atau mewarnai, ada risiko residu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya