Senin 28 Maret 2022, 16:47 WIB

IDI Pecat Terawan, Menkes: Kami akan Mediasi!

Nur Aivanni | Humaniora
IDI Pecat Terawan, Menkes: Kami akan Mediasi!

Antara
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

 

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan membantu mediasi antara Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan dr. Terawan Agus Putranto. Hal itu disampaikannya menyusul terkait kisruh pemecatan Terawan.

"Kementerian Kesehatan akan memulai dan membantu proses mediasi antara IDI dan anggota-anggotanya agar komunikasinya baik sehingga situasi yang terbangun akan kondusif," katanya saat memberikan keterangan pers secara daring terkait dengan Dinamika Profesi Kedokteran, pada Senin (28/3/2022).

Baca juga: Terawan Harus Diberi Ruang Bukan Malah Dibuang

Pada kesempatan tersebut, Budi mengaku mengamati dinamika seputar perdebatan atau pertentangan antara IDI dan Terawan.

"Kami memahami bahwa masing-masing organisasi profesi memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing-masing dan juga memiliki anggotanya masing-masing yang mereka perlu atur," katanya.

Dia juga memahami UU tentang Praktik Kedokteran telah memberikan amanah yang besar kepada IDI sebagai salah satu organisasi profesi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap anggotanya.

"Oleh karena itu, kita sangat memerlukan seluruh daya dan pikiran kita untuk bersama-sama mencari solusi agar pandemi bisa teratasi, saya sangat mengharapkan agar diskusi, komunikasi, hubungan antara Ikatan Dokter Indonesia dan seluruh anggotanya bisa terjalin dengan baik," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil rapat sidang khusus MKEK, Terawan yang juga mantan Menteri Kesehatan diberhentikan secara permanen dari keanggotaan IDI. 

Baca juga: Kemendikbud-Ristek: Vaksinasi bukan Syarat Wajib untuk PTM

Menurut pimpinan presidium sidang Abdul Azis, pemberhentian dilakukan oleh PB IDI selambat-lambatnya 28 hari kerja. Keputusan tersebut dibacakan dalam Muktamar Ke-31 IDI di Kota Banda Aceh, Aceh, pada Jumat (25/3/2022).

Salah satu alasan pemberhentian Terawan dari keanggotaan IDI ialah yang bersangkutan melakukan promosi kepada masyarakat luas tentang vaksin Nusantara sebelum penelitiannya selesai. (Nur/A-3)

Baca Juga

Ist

Dukung Energi Baru Terbarukan, Gerai KFC Manfaatkan PLTS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:53 WIB
KFC Indonesia merupakan restoran cepat saji pertama di kawasan Greater Asia yang memanfaatkan PLTS dalam memenuhi kebutuhan tenaga...
MI/Bary Fathahilah.

Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:35 WIB
Tubuh harus menerima vitamin C dari luar, yaitu dengan mengonsumsi buah-buah yang mengandung vitamin...
ANTARA/ANIS EFIZUDIN

Kemendikbud Ristek Gelar Ruwatan Bumi dan Orchestra dalam Rangkaian G20

👤Syeha Alhaddar 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:21 WIB
“Meruwat itu sebetulnya semacam ritual doa yang mengharapkan agar melalui kegiatan yang dilakukan, bumi dapat sehat kembali,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya