Jumat 18 Maret 2022, 20:54 WIB

8 Nama-Nama Surga dalam Islam 

Indriyani Astuti | Humaniora
8 Nama-Nama Surga dalam Islam 

Freepik.com
Ilustrasi berdoa dalam islam untuk bisa masuk surga

 

NAMA-nama surga ada banyak dengan arti dan tingkatan yang berbeda. Dalam Islam, nama-nama Surga ada di Alquran. Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, berikut ini nama-nama surga yang ada dalam Alquran seperti dilansir dari www.katadata.co.id. 

1. Surga Firdaus merupakan surga paling dikenal. Itu tempat bagi orang yang salatnya khusuk, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, rutin membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, menepati janji, dan menjaga salat. 

2. Surga Adn' yang mana dimuat dalam Q.S At-Taubah "Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar (QS. At-Taubah atau 72). 

3. Surga Al-Naim yang merupakan tempat untuk orang yang bertakwa kepada Allah dan beramal saleh. Nama surga ini juga disebutkan dalam Al-Quran yakni dalam Surat Luqman ayat 8-9. 

Baca juga : Pria Minta Menag Hapus 300 Ayat Al-Qur'an, ini Respons MUI

4. Surga Al-Ma’wa yang diperuntukan bagi orang bertakwa kepada Allah, beramal saleh, serta takut kepada kebesaran Allah dan mampu menahan hawa nafsunya. Disebutkan dalam Ayat Alquran Q.S As-Sajdah ayat 19 tentang surga ini. 

5. Surga Darussalam yang diperuntukan bagi orang dengan jalan yang lurus dan bertaqwa. Surga ini disebutkan dalam Q.S Yunus ayat 25. 

6. Surga Darul Muqamah adalah surga untuk orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Darul Muqamah mempunyai arti tempat tinggal orang yang tidak pernah lelah dan merasa lesu. Namanya disebutkan dalam Q.S. Fatir ayat 35 

7. Surga Al-Maqamul Amin. Surga ini menjadi tempat bagi orang yang bertakwa. Mereka berada dalam tempat yang aman seperti disebutkan dalam Q.S. Ad-Dukhan ayat 51. 

8. Surga Khuldi merupakan surga paling akhir yang menjadi tempat bagi orang yang senantiasa menaati perintah Allah dan menjauhi larangannya. Surga Khuldi disebutkan dalam salah satu ayat Alquran yaitu di Q.S. Al-Furqan ayat 15 sampai 16.
 

Baca Juga

DOK Kemenkominfo.

Kemenkominfo Targetkan 5,5 Juta Masyarakat Peroleh Literasi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:29 WIB
Mengutip survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APGI) pada 2022, lebih dari 210 juta penduduk Indonesia atau 77,02% dari total...
Antara

Update 29 Juni: 64 Ribu Orang Terima Vaksin Dosis Kedua

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:47 WIB
Total sebanyak 14.554.522 lansia telah menerima vaksin dosis lengkap per Rabu...
ANTARA

Pemerintah Evaluasi Rutin Perkembangan Wabah PMK

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 22:35 WIB
Saat ini penyakit PMK selain menjangkiti hewan sapi, juga sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya