Jumat 04 Februari 2022, 19:56 WIB

Jurnalis Profesi Yang Terbuka Untuk Siapa Saja 

Mohammad Farhan Zhuhri | Humaniora
Jurnalis Profesi Yang Terbuka Untuk Siapa Saja 

Ilustrasi
Ilustrasi jurnalis

 

KESEMPATAN seseorang bisa menjadi jurnalis di Indonesia nampaknya sudah sangat mudah,mengingat saat ini banyak sekali medium yang sering dijumpai, seperti media sosial. Namun, seperti apa peluang dan tantangan seseorang bisa dikatakan menjadi seorang jurnalis yang baik. 

Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta berkerja sama dengan Media Indonesia menggelar webinar dengan tema peluang dan tantangan kerja di dunia jurnalistik. 

Dekan FBS UNJ Liliana Muliastuti mengatakan dengan adanya webinar yang diikuti mahasiswa FBS UNJ itu, bisa mendapatkan pembelajaran dan pengalaman dari para narasumber, untuk bisa bersaing nantinya di dunia kerja, khususnya jurnalistik. 

“Tentunya hilirisasi kegiatan ini diharapkan bisa menambah nilai jual para calon lulusan kami menjadi tinggi, tidak hanya sekedar mendapatkan ijasah namun juga mendapatkan hardsikil dan softskill dibidang jurnalistik,” ujarnya dalam Webinar via Zoom, Jumat (4/2). 

Ia bun berharap, para lulusan FSB UNJ juga bisa bersaing di dunia jurnalistik. 

Baca juga : Impian Kesetaraan Haji Agoes Salim

Dalam kesempatan yang sama, Redaktur Opini Media Indonesia, Eko Suprihatno mengatakan, profesi jurnalis bisa dari kalangan siapa saja, tidak terkhusus dari lulusan jurnalistik saja, namun lulusan seni bahasa dan budaya juga memiliki kesempatan yang sama. 

“Seorang jurnalis bisa berasal dari latar belakang yang beragam, bukan hanya lulusan S1 saja, bahkan yang hanya penjual koran bisa menjadi jurnalistik,” ucap Eko yang menjadi narasumber dalam webinar tersebut. 

Lebih lanjut, Eko menjelaskan seorang yang akan menjadi jurnalis harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Selain itu seorang jurnalis juga harus jeli dalam membedakan antara informasi dan berita. 

“Kita harus bisa membedakan kedua hal itu, informasi bisa kita dapatkan dimana saja, baik itu dari sosial media dan lain sebagainya. Beda halnya dengan berita yang sudah tentu bisa di klarifikasi dan dipertanggung jawabkan isinya,” pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Fikri Yusuf

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1443 H pada 10 Juli

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:45 WIB
Dari 86 titik di 34 provinsi pemantauan hilal, tak ada satu pun yang melaporkan telah melihat...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kasus Cavid-19 Meningkat, Masyarakat Diimbau Tetap Terapkan Prokes

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:18 WIB
Data dua hari lalu menunjukan kasus covid-19 bertambah sebanyak 1.907 kasus baru covid-19, Kamis (23/6/2022). Total kasus aktif kini...
MI/Gabriel Langga

Cegah Kasus Asusila Jalanan, Pemkab Sikka Perbaiki Penerangan Jalan

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:03 WIB
LAMPU penerangan jalan umum (LPJU) di sejumlah titik di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya