Senin 22 November 2021, 18:13 WIB

Epidemiolog Sebut Mustahil Halau Varian Delta Plus Masuk ke Indonesia

Atalya Puspa | Humaniora
Epidemiolog Sebut Mustahil Halau Varian Delta Plus Masuk ke Indonesia

DOK PRIBADI
Epidemiolog Dicky Budiman

 

EPIDEMIOLOG Dicky Budiman mengungkapkan bahwa menahan varian covid-19 delta plus untuk masuk ke Indonesia merupakan satu hal yang mustahil. Pasalnya, mobilitas masyarakat dari dalam dan luar negeri terjadi setiap hari dan sudah tak mungkin untuk menutup akses masuk internasional ke Indonesia.

"Potensi varian baru itu sudah kemana-mana itu bukanlah hal yang aneh. Itu perkara waktu dan perkara kemampuan testing kita. Kalau mau menutup penerbangan saat ini juga sangat sulit dan terlambat," kata Dicky saat dihubungi, Senin (22/11).

Terlebih lagi, kata Dicky, varian tersebut kini sudah ada di Malaysia. Pada akhirnya, Indonesia hanya tinggal menunggu waktu kapan virus tersebut akan terdeteksi di dalam negeri.

"Kita akan sulit sekali memastikan virus itu tidak masuk," imbuh dia.

Untuk itu, yang bisa dilakukan saat ini ialah memperkuat respon penanganan pandemi di dalam negeri. Salah satu hal yang paling penting ialah meningkatkan kuantitas dan kualitas testing.

"Ini sebenarnya juga jadi PR bagi dunia. Bagaimana mendeteksi virus tersebut di tempat pertama dengan cepat. Sehingga penanganan bisa dilakukan dengan cepat juga," ucap dia.

Terkait dengan adanya libur natal dan tahun baru, Dicky mengingatkan bahwa lonjakan kasus covid-19 pasti akan terjadi. Namun demikian, kenaikan kasus tidak akan lebih parah daripada masa gelombang kedua covid-19 lalu.

"Kenaikan kasus diprediksi masih lebih rendah. Skenario terburuk mungkin naik 10 ribu sampai 20 ribu kasus. Itu dengan asumsi tidak ada pengetatan ataupun PPKM," ucap Dicky.

"Tapi denngan adanya PPKM sekarang, proyeksinya masih jauh lebih moderat daripada ancaman di Januari lalu atau saat gelombang kedua lalu," pungkas dia. (OL-4)

Baca Juga

Antara

2.248 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:52 WIB
Sementara itu, kasus aktif bertambah 616 sehingga menjadi 16.790...
Antara

35 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Telah Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 5.253.088 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 7.358.241 petugas...
MI/Susanto

Kemenag Siapkan Layanan Pengaduan Haji Secara Daring 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:42 WIB
Layanan aduan daring disiapkan untuk jemaah haji dan petugas, dengan mengakses link haji2022.kemenag.go.id. Kemudian, mengisi formulir jika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya