Jumat 29 Oktober 2021, 09:25 WIB

Risma Dapat Gelar Adat Adji Nasyrah Maliha

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Risma Dapat Gelar Adat Adji Nasyrah Maliha

ANTARA/Didik Suhartono
Menteri Sosial Tri Rismaharini

 

MENTERI Sosial Tri Rismaharini dianugerahi gelar Adji Nasyrah Maliha, yang bermakna pemimpin yang berwibawa, pengayom, pelindung dan bijaksana dari Lembaga Adat Bulungan, Kalimantan Utara.

"Saya diberikan kepercayaan dan dianugerahi gelar kehormatan yang sangat luar biasa, saya sama sekali tidak menyangka," ujar Risma saat mengunjungi Rumah Raya, salah satu situs bersejarah di Tanjung Palas, Bulungan, Kamis (28/10).

Pemberian gelar adat tersebut berdasarkan surat keputusan (SK Bupati Bulungan Nomor 188.45/553 tahun 2021 ) tentang Dewan Kepengurusan Lembaga Adat Kesultanan Bulungan dan Musyawarah Dewan Lembaga adat Kesultanan Bulungan.

Baca juga: Prananda Sebut Sumpah Pemuda Ajang Generasi Muda Bederma

Risma berharap gelar tersebut bisa membawa nama baik leluhur dari Kesultanan Bulungan. Dalam sambutannya, ia bercerita mengenai sejarah bangsa yang merupakan sesuatu kekayaan untuk Indonesia.

"Sejarah adalah sesuatu kekayaan yang akan membuat kita menjadi besar pula," terangnya.

Ketua Pemangku Adat Bulungan Datu Buyung Perkasa mengatakan insan - insan yang telah dianugerahi gelar akan dilaporkan secara nasional kepada Dewan Masyarakat Adat Nusantara di Jakarta serta Forum Silahtuhrami Raja, Kesultanan se-Nusantara.

Dalam keputusan tersebut, Lembaga Adat Kesultanan Bulungan mewajibkan Khusus Kepada Masyarakat Adat Kesultanan Bulungan. apabila insan - insan yang telah dianugerahkan gelar mengenakan pakaian symbol - simbol adat Bulungan maka wajib memanggil dengan nama gelar bangsawan.

"Ini satu-satunya kesultanan yang ada di kalatara, mudah mudahan apa yang kita lakukan dan apa yang kita niatkan selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah

Kasus Konfirmasi Harian Naik, Masyarakat Diingatkan Tetap Disiplin Prokes

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 15:30 WIB
Selain terus menegakkan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi, masyarakat diminta menghindari serta mencegah terjadinya...
ANTARA / Aloysius Jarot Nugroho

Penjelasan Anak Umur 1-5 Tahun Belum Dapat Divaksinasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:30 WIB
Pemberian vaksin harus didahulukan pada orang dewasa atau remaja karena memiliki daya tahan tubuh yang paling...
ANTARA

Ini Pentingnya Jaga Jarak Kendaraan saat Lampu Merah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 14:00 WIB
Pada saat lampu merah, dia juga menyarankan untuk tidak berfokus ada bagian depan saja melainkan sisi kanan kiri dan juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya