Selasa 26 Oktober 2021, 13:32 WIB

Presiden: Lonjakan Kasus Covid-19 Sekecil Apapun Harus Diwaspadai

 Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: Lonjakan Kasus Covid-19 Sekecil Apapun Harus Diwaspadai

Antara
Presiden Joko Widodo saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19.

 

LONJAKAN kasus covid-19 sekecil apapun harus diwaspadai dan segera ditangani hingga tuntas.

Demikian titah Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah se-Indonesia dalam rapat yang digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta.

Sebagaimana diketahui, dalam sebulan terakhir, sejumlah wilayah mengalami kenaikan kasus meski tidak signifikan, seperti di Maluku Utara, Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Barat, serta Sulawesi Tenggara.

Selain tujuh provinsi itu, tercatat sebanyak 105 kabupaten/kota di 30 provinsi juga mengalami peningkatan kasus.

"Meskipun kecil tapi ini merangkak naik jadi tetap harus diwaspadai. Kenaikan itu ada meskipun kecil. Oleh sebab itu, saya minta gubernur, pangdam, kapolda mengingatkan kepada bupati, wali kota, kapolres dan juga agar tetap meningkatkan kewaspadaan, memperkuat 'tracing' dan 'testing', dan juga test," ujar Presiden melalui keterangan resmi, Selasa (26/10).

Presiden pun mengingatkan agar semua pihak memaksimalkan penggunaan platform aplikasi PeduliLindungi, terutama di pusat-pusat keramaian sepertu di mal, di kawasan wisata, dan pasar.

"Saya melihat masih ada tempat-tempat yang belum ada QR code PeduliLindungi tetapi sudah dibuka. Kontrol seperti ini yang harus diingatkan," ucap mantan Wali Kota Solo itu.

Kepala negara juga mengingatkan seluruh kepala daerah untuk terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi demi melindungi rakyat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Hingga hari ini, pemerintah telah memberikan 182 juta dosis vaksin Covid-19 kepada masyarakat dengan rincian 54% dosis pertama dan 32% dosis kedua.

"Perlu saya ingatkan untuk daerah yang vaksinasinya masih rendah, masih di bawah 50% agar dikejar untuk bisa mencapai di atas 50% di November, dan bisa mencapai di atas 70% di akhir Desember. Ini penting sekali demi menjaga, melindungi rakyat kita dari terpaparnya Covid-19 dan juga yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi," tandas Jokowi. (Pra/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pahamifi

Gelar Parents Week 2021, Pahamify Dampingi Orang Tua Maksimalkan Potensi Anak di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:01 WIB
Sebanyak 44,4% ibu dan 38,5% ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan sebelum...
Dok. Biro Pers Sekreatraiat Presiden

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Jadi Momen Penghormatan Bagi Penyandang Disabilitas 

👤Mohammad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:18 WIB
Dengan adanya rangakaian acara HDI ini, penting melibatkan anak muda penyandang disabilitas untuk bisa tampil percaya diri, menjadi...
MI/M Iqbal Al Machmudi

Bahan Herbal untuk Kosmetik Mulai Dilirik Masyarakat

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:47 WIB
Sejak berdiri, Martha Tilaar Group telah melihat potensi dari tumbuhan alam Indonesia yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya