Selasa 19 Oktober 2021, 11:54 WIB

Program Kampung Iklim Berkontribusi Besar Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Atalya Puspa | Humaniora
Program Kampung Iklim Berkontribusi Besar Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Dok KLHK
MENTERI LHK Siti Nurbaya dalam penutupan Festival Iklim secara daring, Selasa (19/10/2021)

 

MENTERI Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa program kampung iklim yang telah berjalan di sejumlah wilayah berkontribusi besar dalam penurunan emisi gas rumah kaca.

"Hasil penghitungan pengurangan emisi gas rumah kaca di 312 lokasi proklim yang diverifikasi pada 2021 ini dengan menggunakan aplikasi Spektrum yakni sebesar 761.445 ton CO2 ekuivalen," kata Siti dalam acara penutupan Festival Iklim 2021 yang diselenggarakan secara daring, Selasa (19/10).

Adapun, hasil tersebut didapatkan dari berbagai upaya pelaksanaan adaptasi dan mitigasi di lapangan. Berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya meningkatkan ketahanan pangan pada tingkat tapak, konservasi tanah dan air, penghematan, dan konservasi energi.

Baca juga: DPR Awasi Ketat Urusan Perhajian, Indeks Kepuasan Jamaah Terus Meningkat

Dengan berbagai upaya dan buah hasil yang baik, Siti memberikan apresiasi terhadap masyarakat yang telah melaksanakan aksi nyata di lokasi program kampung iklim.

"Pemerintah daerah yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat juga pada pihak yang mendukung pengembangan dan pengayaan aksi di lokasi proklim termasuk kementerian lembaga, dunia usaha, akademisi, organisasi no-pemerintah, lembaga keuangan, dan lembaga mitra pembangunan," beber dia.

Adapun, pada acara penutupan Festival Iklim 2021, KLHK juga memberikan penghargaan pada sejumlah wilayah yang menjalankan program kampung iklim. Penghargaan tersebut meliputi tropi proklim utama pada 54 lokasi, piagam apresiasi pada pembina proklim di 7 provinsi, 8 kota dan 23 kabupaten. Selain itu piagam apresiasi juga diberikan pada 9 perusahaan pendukung proklim serta 198 lokasi proklim mendapatkan sertifikat proklim utama.

Siti mengungkapkan, program kampung iklim akan terus berjalan dan berkembang. Selain itu, sesuai dengan target yang dicanangkan, pihaknya kini tengah mempersiapkan roadmap 20 ribu kampung iklim hingga 2024 mendatang.

"Pada saat ini roadmap proklim 20 kampung sedang kita siapkan dan itu semata-mata untuk perluasan dan peningkatan agenda-agenda proklim untuk Indonesia. Dengan demikian maka sinergi proklim harus terjadi dengan program-program lainnya," pungkas Siti.

Baca Juga

Ist/Yello Hotel Manggarai

Black Friday Bersama Guinness Beer Digelar di Peron Skycafe Yello Hotel Manggarai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 12:52 WIB
Yello Hotel Manggarai Jakarta turut menyelenggarakan Black Friday yang diselenggarakan di Peron Skycafe Lt....
ANTARA/Fransisco Caroli

Luhut : 10 Kota Turun ke Level 2 karena Tracing Turun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 30 November 2021, 12:51 WIB
Berdasarkan hasil asesmen 27 November 2021, total terdapat penambahan 23 kabupaten/kota yang masuk ke dalam level 2 dan sebanyak 8...
Ist

Yuk Mengenal Revolusi Prancis

👤Febby Saraswati 🕔Selasa 30 November 2021, 12:41 WIB
Akibat dari revolusi ini, tentunya banyak memberikan dampak di beberapa negara, khususnya Prancis sendiri, dampak tersebut menyebar di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya