Jumat 01 Oktober 2021, 17:05 WIB

Ajak Perempuan Indonesia Jaga Kesehatan Reproduksi

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ajak Perempuan Indonesia Jaga Kesehatan Reproduksi

Dok.Andalan Feminine Care
Ilustrasi

 

SALAH satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan merawat kebersihan area kewanitaan atau feminine hygiene. Hal ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan oleh perempuan di Indonesia.

Jika tidak ditangani dengan baik, area sensitif ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi, termasuk keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih (ISK). Dr. Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG ditemui dalam webinar yang diselenggarakan oleh Andalan Feminine Care menjelaskan bahwa keputihan merupakan salah satu permasalahan kesehatan reproduksi yang paling sering dialami perempuan.

Baca juga: Bahaya Kehamilan pada Pernikahan Anak bisa Menyebabkan ...

“Ada dua macam keputihan yaitu tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi dan juga tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya," papar dr. Cynthia.

Ditemui dalam acara yang sama, Sisilism, selaku Sexual Health Activist & Educator menjelaskan beberapa tip praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi, yaitu On daily basis, pada saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah. Kemudian, bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pHnya agar seimbang. Apabila perlu, gunakan feminine wash khusus ketika dibutuhkan. Pilih yang tidak terlalu keras dan sudah teruji klinis. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi.

Bicara tentang kesehatan reproduksi, salah satu produk kesehatan reproduksi di Indonesia adalah Andalan Feminine Care, mengungkapkan tiga peran utama dari menjaga kesehatan reproduksi, yakni Confidence yang dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan secara signifikan. Happy, meningkatkan kebahagiaan bagi perempuan, Dan in Control, dapat mengurangi dan mengontrol rasa takut dan cemas karena area kewanitaan selalu terjaga kebersihannya.

Menjawab akan kebutuhan produk Feminine Hygiene yang ideal, Cut Vellayati selaku Marketing Manager DKT Indonesia memperkenalkan prodak andalan Feminine Care Intimate Wash yang lebih segar.

“Kami menghadirkan rangkaian produk Andalan Feminine Care Intimate Wash dengan wajah baru yang lebih fresh dan modern, sebagai pembersih area kewanitaan bagi para perempuan aktif dan modern yang dapat membuat perempuan #worryVree karena terbebas dari berbagai permasalahan kebersihan area kewanitaan," ujar Cut Vellayati.

Untuk membantu mengedukasi serta meningkatkan kualitas kebersihan area kewanitaan semua perempuan di Indonesia, Andalan Feminine Care ikut berperan menyediakan sabun khusus area kewanitaan dengan kandungan berbagai bahan alami yang diformulasi secara khusus, antara lain; Prebiotics Concept, Natural Active Ingredients, Clinically, Gynecologically, & Hypoallergenic Tested.

Selain itu, untuk mengajak perempuan Indonesia agar terlibat aktif terus bergerak dan menjalani aktivitas fisik yang sehat, Andalan Feminine Care menyelenggarakan kompetisi #MelangkahBersamaAndalan, dimana perempuan Indonesia ditantang untuk melakukan 10 ribu langkah tiap hari untuk menjaga kesehatan.

“Kompetisi yang yang kami buat sampai 30 September ini ternyata menuai respon positif dari perempuan Indonesia. Banyak sekali yang berpartisipasi, harapannya ini bisa menambah edukasi tentang kesehatan reproduksi di perempuan Indonesi,” kata Cut Vellayati.

Selain itu, Andalan Feminine Care juga turut bekerjasama dengan Sahabat Andalan yaitu Wulan Guritno dan Ririn Ekawati untuk sama- sama mengkampanyekan pentingnya kesehatan reproduksi dengan produk Andalan Feminine Care Intimate Wash.

Andalan Feminine Care Intimate Wash saat ini tersedia di minimarket maupun secara online di Shopee, Tokopedia, Lazada dari Sutra, Fiesta, Andalan Official Store serta hyper/supermarket atau apotek terdekat di kota kamu. (RO/A-1)

Baca Juga

Dok. Kemendikbudristek

Kemah Karakter Virtual Puspeka Kemendikbudristek Raih Penghargaan Rekor Dunia dari MURI 

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:31 WIB
Dijelaskannya, KKVAI 2020 merupakan kemah virtual pertama di...
dok.mi

Cegah Covid-19 Bangun Imun dengan Berpikiran Sehat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:27 WIB
VARIAN  Covid-19 Omicron, mulai mempengaruhi alam pikiran masyarakat, sehingga rasa was-was, cemas, ketakutan dan emosi menjadi tidak...
MI/Agung W.

Muktamar NU Bahas Tiga Masalah Fikih Terkini

👤Sri Utami 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:27 WIB
Komisi Bahtsul Masail Maudhu'iyah Muktamar NU akan membahas mengenai pandangan Islam tentang tanah dan konsep...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya