Jumat 01 Oktober 2021, 17:57 WIB

Sambut Hari Batik Nasional, Ini Dia 10 Motif Terpopulernya

Sofia | Humaniora
Sambut Hari Batik Nasional, Ini Dia 10 Motif Terpopulernya

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Kain Batik

 

INDAHNYA beragam motif yang dibuat dengan seni membatik membuat orang senang memakainya. Jika biasanya kain batik hanya dikenakan pada acara-acara formal, kini beragam potongan busana kasual dan santai mulai bermunculan. Pun kini tak hanya digunakan orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Berikut adalah motif-motif batik yang populer dan bisa digunakan oleh semua usia:

1. Motif Mega Mendung asal Cirebon

Salah satu ciri khas gambar batik dari daerah pesisir pantai adalah warnanya lebih terang sehingga memberikan kesan ceria kepada pemakainya. Contohnya, motif batik mega mendung asal Cirebon ini. Ciri khasnya adalah motif mega mendung berwarna biru dengan corak layaknya awan. Batik nusantara ini juga cocok digunakan dengan semua umur dan sering digunakan desainer, salah satunya Albert Yanuar.

2. Motif Sogan

Inilah motif batik favorit Presiden RI Joko Widodo. Batik yang memang berasal dari Solo dan Yogyakarta ini memiliki ciri khas warna cokelat muda dengan aksen bunga dan titik-titik, serta lengkungan dan garis di dalam motifnya. Sogan sudah ada sejak era nenek moyang dan biasanya digunakan oleh raja-raja di keraton karena warnanya yang elegan, kombinasi coklat dan hitam.

Meski kini warna batik semakin modern, batik sogan tetap menjadi batik Indonesia incaran pencinta fesyen di Asia dan Eropa.

3. Motif Batik Tujuh Rupa, meningkatkan mood pemakainya

Motif batik ini berasal dari Pekalongan yang paling digemari. Dalam satu kain, warna dan gambar batik sangat beragam sehingga dikatakan tujuh rupa. Dulunya, Pekalongan merupakan pelabuhan yang sangat besar tempat pedagang dari Tiongkok, Arab, dan Eropa bertransaksi dengan warga lokal. Percampuran budaya inilah yang membuat batik Pekalongan sangat kaya warna.

4. Motif Batik Priangan, membuat penampilan lebih kalem

Motif batik dari Tasikmalaya ini biasanya disukai pria karena gambarnya rapi sehingga memberi kesan kalem sekaligus berwibawa. Tapi kamu pun bisa menggunakan batik nusantara ini sebagai bawahan, kok. Batik Tasikmalaya memiliki warna yang lebih cerah seperti biru muda, merah, atau hijau muda, dan menggambarkan lingkungan alam. Motif daun, bunga, atau burung sering menjadi motif utama dalam batik ini.

5. Motif Batik Gentongan, warnanya awet hingga bertahun-tahun

Sama seperti batik pesisir lainnya, warna batik ini juga cerah sehingga menampilkan kesan ceria pemakainya. Batik gentongan ini dibuat dengan hanya satu motif saja dan untuk mewarnainya kain dicelupkan ke dalam gentong lalu motifnya digambar langsung di atas kainnya. Teknik ini membuat warna kain tidak akan pudar dalam beberapa tahun.

6. Motif Parang dari Solo, disebut akan meningkatkan semangat pemakainya

Kamu pasti sering melihat batik Indonesia dengan motif ini, yaitu seperti huruf S yang tersusun rapi. Motif batik asal Solo ini menjadi salah satu yang menjadi favorit turis asing saat berkunjung ke Kampung Batik Laweyan, Solo. Berasal dari kata pereng yang berarti lereng, motif batik Indonesia ini melambangkan jalan yang berkesinambungan dan tidak terputus, sehingga diibaratkan semangat pemakainya yang tidak pernah putus dalam menggapai impiannya.

7. Batik Tambal, hasil perpaduan beberapa gambar batik

Sesuai dengan namanya, batik tambal menyerupai kain tambalan. Motif yang terdiri dari beragam motif batik lainnya ini menyerupai kain patchwork yang dibuat dari aneka kain perca. Secara filosofis, motif ini memiliki arti menambal sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang rusak.

Kamu bisa mengaplikasikan kain motif batik modern ini menjadi sebuah gaun kasual. Selain itu, kamu pun bisa mengenakan batik bermotif tambal untuk bawahan kebaya modern. Intinya, padukan batik ini sesuai selera dan gayamu.

8. Motif Batik Ceplok dengan Alur Geometris

Motif ceplok bisa langsung dikenali dari alurnya yang geometris. Jadi pada umumnya, gambar batik yang dihadirkan hanya pengulangan. Tapi motif batik ini menjadi salah satu yang populer dan telah hadir di berbagai fashion item dari baju, rok, hingga kemeja batik pria, lho.

9. Motif batik Ciamis, untuk si penyuka gaya minimalis

Motif batik dari Ciamis, Jawa Barat, ini memiliki motif yang cenderung sederhana jika dibandingkan dengan motif dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Biasanya, motif batik Ciamis cenderung tidak terlalu ramai. Selain itu, kain batik Ciamis hadir dengan warna-warna terang.

Beberapa produsen kain batik Ciamis juga sengaja mengeluarkan dengan warna pastel, lho. Gambar alam dan perpaduan warna pastel dari batik ini bisa kamu aplikasikan pada outfit modern.

10. Batik Malang memiliki kesan yang lebih cerah 

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu dari mana motif batik ini berasal. Biasanya motif yang satu ini dihadirkan dengan pola atau simbol-simbol dari kota Malang. Makanya, gambar batiknya terkesan lebih modern dan cerah. Biasanya, motif ini dihadirkan dengan warna-warna yang lebih cerah. Misalnya warna dasar biru atau hijau yang ditimpa lagi dengan warna putih. Kemudian kedua warna pada batik nusantara tersebut bisa ditimpa lagi dengan warna kuning atau merah.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Deteksi Dini Bisa Selamatkan Pasien Kanker Hati 

👤M. Iqbal Al MAchmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:45 WIB
Karsinoma sel hati (hepatoseluler karsinoma) adalah salah satu jenis kanker hati yang paling umum dengan prognosis/kemungkinan terjadinya...
Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Pemerintah Dorong Peningkatan Testing Covid-19 untuk Pengendalian Pandemi 

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:45 WIB
Tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR adalah Rp275 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta sebesar Rp300 ribu untuk luar pulau Jawa dan...
Antara/Galih Pradipta

Capaian Vaksinasi Kelompok Remaja Lampaui 75% 

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:15 WIB
Menurutnya, vaksinasi remaja sangat penting untuk melindungi anak indonesia dari ancaman covid-19, apalagi Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya