Rabu 15 September 2021, 06:15 WIB

Ini Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Skripsi, dan Internet

Sofia | Humaniora
Ini Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Skripsi, dan Internet

zonamahasiswa.id
Contoh daftar pustaka

 

PERNAH mendengar istilah plagiat? Situasi ini bisa terjadi karena penulis tidak mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan yang dibuatnya. 

Dalam dunia sekolah pun, Anda bisa saja terjebak dalam keadaan itu jika tidak mampu menuliskan sumber referensi dari makalah yang dibuat dengan baik dan benar. Nah, daftar pustaka atau yang sering dikenal juga sebagai referensi memberikan detail informasi kepada pembaca tentang sumber rujukan sehingga setiap pembaca mendapatkan pemahaman tentang sumber tersebut.

Baca juga: Ayo Buat Poster Semenarik Mungkin

Tujuan dari menuliskan daftar pustaka lainnya adalah membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam mengenai sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis. Tidak jarang pembaca yang ingin menelusuri informasi lebih lanjut mengenai sumber bacaan dari sebuah karya ilmiah.

1. Cara menulis daftarpPustaka dari artikel jurnal

Cara menulis daftar pustaka dari sebuah jurnal, makalah, atau laporan tidak berbeda jauh dengan menulis daftar pustaka dari buku.

Urutan menulis daftar pustaka dari artikel jurnal:
Nama belakang penulis dan inisial, baik satu atau lebih dari satu penulis. (Tahun terbit). Judul artikel jurnal. Nama Jurnal ditulis italic, volume jurnal ditulis italic (Issue atau Nomor), Halaman.

Contoh:

Xie, W. (2015). Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48. Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50.

Jika menggunakan referensi jurnal yang terdiri dari dua penulis, tetap tulis nama keduanya dari nama belakang terlebih dahulu, diikuti dengan inisial.

Contoh:

Xie, W. & Willmott, W. (2015). Japanese “Idols” in Trans-Cultural Reception: the case of Idol Group AKB48. Visual Post: a Journal for the Study of Past Visual Cultures, 2(1), 40-50.

2. Cara menulis daftar pustaka dari skripsi, disertasi, tesis atau karya ilmiah lain

Cara menulis daftar pustaka yang diambil dari tesis atau laporan ilmiah, memiliki urutan sebagai berikut, nama belakang dan inisial penulis. (Tahun pembuatan Tesis). Judul tesis ditulis italic. (Award, institusi, tahun). Jangan lupa untuk menyertakan ‘diakses dari’ dan url yang diakses. Contoh:

Sandy, A. (2009). Cheaper to Fly than hire a car in Brisbane. (Disertasi Doktoral, University of Queensland,2008) Diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/UQ:1587477

3. Cara menulis daftar pustaka dari internet atau laman daring

Jika kamu mengambil referensi dari situs internet atau halaman web, penulisan daftar pustakanya sebagai berikut: Penulis halaman tersebut, baik orang maupun organisasi. (tahun halaman dibuat atau direvisi). Judul halaman ditulis dengan italic. Tanggal diaksesnya, bulan hari, tahun, dari halaman web.

Jika halaman web terdapat nama penulis, daftar pustaka ditulis seperti contoh berikut.

Contoh:

Atherton, J. (2005). Behaviour Modification. Diakses pada 5 Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html (OL-1)

Baca Juga

Ist

Cegah Perselisihan, RS dan Pasien Perlu Pahami Hak dan Kewajiban

👤Eni Kartinah 🕔Minggu 19 September 2021, 17:27 WIB
Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan setidaknya ada 20 kewajiban yang harus dilakukan pihak rumah sakit dan tenaga...
ANTARA/RAISAN AL FARISI

Bangun Komunikasi dengan Anak Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 19 September 2021, 16:50 WIB
Orangtua juga harus melatih dan membiasakan anak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan menerapkan pola hidup sehat di...
ANTARA/Makna Zaezar

Keluarga Garda Terdepan Pastikan Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 19 September 2021, 16:25 WIB
Gizi anak harus tercukupi untuk menjaga imunitas tubuh sehingga anak lebih tahan dan tidak mudah terpapar penyakit, termasuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya