Selasa 31 Agustus 2021, 08:56 WIB

Bandara Soetta Dinobatkan Jadi Bandara Paling Aman di Asia Tenggara

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Bandara Soetta Dinobatkan Jadi Bandara Paling Aman di Asia Tenggara

ANTARA FOTO/Fauzan
Seorang warga untuk memasuki ruangan untuk menjalani tes usap PCR di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (19/8).

 

PT Angkasa Pura (AP) II mengumumkan, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dinobatkan sebagai bandara paling aman di Asia Tenggara bagi penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan di tengah pandemi covid-19, berdasarkan Lembaga global Safe Travel Barometer.

Lembaga itu memberikan skor Safe Travel (Safe Travel Score) mencapai 4.3 dari skala 5.0 kepada Bandara Soekarno-Hatta. Skor ini dikatakan sama dengan yang didapat Bandara Changi di Singapura.

"Skor 4.3 juga yang tertinggi dibandingkan dengan bandara-bandara lain di kawasan Asia Tenggara," kata President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (31/8).

Sementara itu di kawasan Asia-Pasific, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi berbagi di posisi kedua, di mana urutan pertama ada Beijing International Capital Airport (Tiongkok) dengan skor 4.4. Di tingkat global, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-14.

AP II menjelaskan, penilaian Safe Travel Score dilakukan berdasarkan audit independen terhadap 34 inisiatif mencakup protokol kesehatan covid-19, kenyamanan traveler dan keunggulan layanan, baik itu di sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside).

 

Safet Travel Barometer menyatakan bahwa di tengah pandemi ini bandara perlu memberikan pengalaman yang mulus, diiringi dengan aspek keselamatan dan adanya kepastian kelancaran alur penumpang untuk menghindari kerumunan, serta tetap fokus pada aspek keamanan.

Awaluddin menambahkan, keberhasilan Bandara Soekarno-Hatta meraih skor tertinggi didorong berbagai inovasi dan kolaborasi di antara seluruh stakeholder.

“Inovasi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder dalam berkontribusi penanganan covid-19 mampu menjadikan Bandara Soekarno-Hatta meraih Safe Travel Score tertinggi di Asean, nomor dua di Asia-Pasifik, dan nomor 14 di tingkat global," ucapnya.

Inovasi Bandara Soekarno-Hatta dalam memperkuat protokol kesehatan di tengah pandemi ini adalah melalui Biosecurity Management, misalnya seperti pemeriksaan kesehatan yang ketat.

Setiap orang yang memasuki gedung terminal, diutarakan Awaluddin, harus melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner dan smart helmet yang digunakan personel aviation security.Pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan di area kedatangan internasional.

Lalu, ada pemeriksaan hasil tes Covid-19 juga dilakukan di area keberangkatan domestik, melalui validasi barcode aplikasi PeduliLindungi.

Inovasi lainnya ialah layanan/fasilitas tanpa sentuh (passenger touchless processing) yang secara masif diterapkan, seperti pada validasi paperless untuk dokumen kesehatan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, self check-in menggunakan mesin atau aplikasi travelin, penggunaan mesin full body scanner di security check point untuk pemeriksaan calon penumpang dan lainnya. (Ins/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Masyarakat Diingatkan untuk Berhati-Hati Saat Bermedia Sosial

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:00 WIB
"Isu seks, agama, dan politik, ketiganya masuk kategori tema yang sensitif dan multitafsir untuk dibicarakan di media...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Ini Rangkaian Upacara Pengibaran Bendera di Istana Merdeka

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:21 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memasuki tempat upacara pada 9.56...
ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id

Yuk Mengenal 3 Jenis Perpindahan Kalor dan Contohnya

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 04:30 WIB
Perpindahan kalor ada 3 macam yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan oleh berbagai macam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya