Sabtu 28 Agustus 2021, 16:10 WIB

Hadapi Ancaman Lambda, Kemenkes: Tetap Prokes dan Kurangi Mobilitas

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Hadapi Ancaman Lambda, Kemenkes: Tetap Prokes dan Kurangi Mobilitas

CDC
Virus korona.

 

PEMERINTAH terus memperkuat penanganan pandemi Covid-19 meski kasus covid-19 di Indonesia mulai terkendali. Pasalnya, sejak awal Agustus 2021 terjadi lonjakan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara diduga akibat Lambda, varian baru covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Peru pada Agustus 2020.

Saat ini, virus covid-19 varian Lambda yang disebut lebih bahaya dari varian Delta dan lebih kebal terhadap vaksin sudah menyebar ke banyak negara. Bahkan dari studi peneliti Jepang yang terbit 28 Juli lalu mengungkapkan varian Lambda menyebar di 26 negara.

Menanggapi perihal itu dalam upaya mempertahankan tren penurunan penyebaran kasus Covid-19, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes),  senantiasa menghindari kerumunan/keramaian, dan membatasi mobilitas.

"Tetap perkuat prokes dan kurangi mobilitas," kata Nadia kepada Media Indonesia Sabtu (28/8).

Apalagi, lanjut Nadia sejumlah daerah telah mampu menekan penyebaran Covid-19 sehingga level PPKM berhasil turun dan menjadi indikator penilaian upaya Pemda setempat. Dimana Pemerintah juga memutuskan memperpanjang PPKM level 2 sampai 4 hingga 30 Agustus 2021 untuk Pulau Jawa-Bali. Sementara luar Jawa-Bali, PPKM akan diperpanjang 2 pekan hingga 6 September mendatang.

"Dengan inidkator PPKM sudah bisa menjadi kewaspadaan sekaligus penilaian untuk kapan memperketat pembatasan sosial masyarakat dan kapan melonggarkannya," sebutnya.

Namun demikian, ia mengingatkan agar upaya testing dan tracing penting dilakukan untuk menemukan kasus positif Covid-19. Sehingga penularan dapat dicegah dan tidak terjadi lonjakan kasus positif terlebih dengan mewaspadai adanya varian Lambda.

"Selain itu testing dan tracing terus didorong sampai target 300 ribu-400 ribu," paparnya. (H-2)

Baca Juga

Istimewa

Cegah Omikron Terus Meningkat, Kapolri Tekankan Disiplin Prokes Hingga Vaksinasi Booster

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 16:41 WIB
Akselerasi percepatan vaksinasi merupakan hal yang harus terus...
MI/ RAMDANI

5 Alasan Disiplin Protokol Kesehatan tetap Penting Walau Sudah Divaksinasi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 15:25 WIB
Adanya perubahan tentang penetapan masa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari 14 hari menjadi 10 hari merupakan bagian...
ANTARA /JESSICA HELENA WUYSANG

Kenaikan Kasus Harian Covid-19 Capai 1.400

👤HUMANIORA 🕔Rabu 19 Januari 2022, 15:20 WIB
Yang perlu diperhatikan adalah penularan pada orang tua, sehingga masyarakat diminta untuk bisa menjaga keluarganya, khususnya orang tua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya