Rabu 18 Agustus 2021, 17:37 WIB

11 Stasiun Bumi Disiapkan untuk Operasional SATRIA-I

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
 11 Stasiun Bumi Disiapkan untuk Operasional SATRIA-I

Metro Tv/Adam Alamsyah
Menkominfo Johnny dalam acara Groundbreaking Stasiun Bumi Proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah di Cikarang.

 

PEMERINTAH bersama Badan Usaha Pelaksana akan membangun 11 Stasiun Bumi dalam Proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Satelit Multifungsi Satelit Republik Indonesia atau SATRIA-I.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan dalam Proyek SATRIA-I direncanakan memiliki 11 stasiun bumi atau gateways sebagai bagian dari tersesterial segmen yang akan menghubungkan satelit dengan bumi agar bisa dimanfaatkan.

“Selain di Cikarang, 10 gateways lainnya akan dibangun di Batam, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manado, Manokwari, Timika, dan Jayapura, yang mana kesepuluh pembangunan gateways ini masih dalam proses pengadaan lahan,” kata Johnny dalam acara Groundbreaking Stasiun Bumi Proyek KPBU Satelit Multifungsi Pemerintah di Cikarang, Rabu (18/8).

Baca juga: Wujudkan Merdeka dalam Konektivitas Internet

Keberadaan stasiun pengendali digital ini diperlukan untuk mengawasi pergerakan Satelit SATRIA-I. Selain itu juga melakukan manajemen jaringan agar sesuai dengan standar kestabilan layanan serta menjadi sarana komunikasi data antara Satelit SATRIA-I dengan bumi.

Johnny mengatakan momentum peletakan batu pertama itu juga merupakan satu dari sekian banyak pekerjaan bersama sebagai upaya dan menjadi fondasi transformasi digital Indonesia.

“Kolaborasi seluruh komponen bangsa perlu untuk terus didorong demi mewujudkan Indonesia sebagai bangsa digital atau a Digital Nation,” jelasnya. (A-2)

Baca Juga

MI/ Agus Mulyawan

Kebutuhan Anak dan Perempuan Korban Erupsi Semeru akan Diperhatikan Khusus

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 11:35 WIB
Pengungsi anak dan perempuan korban bencana Semeru harus dipenuhi hak-haknya dan mendapatkan perlindungan khusus dari risiko bencana,...
Ist/Bpjamsostek

Meriahkan HUT Ke-44, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Giat Bersama Karyawan dan Stakeholder

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 11:34 WIB
BPJAMSOSTEK merayakan hari ulang tahunnya dengan cara mengajak masyarakat umum dan karyawan untuk turut memeriahkan dengan berbagai...
ANTARA/Basri Marzuki

Remaja Perlu Lewati Masa Pubertas Tanpa Baper

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Desember 2021, 11:30 WIB
Penting sekali bagi remaja untuk bisa diterima, diakui, dan menjadi bagian dari lingkungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya