Minggu 25 Juli 2021, 13:22 WIB

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Berpotensi Diperpanjang Lagi

Fetry Wuryasti | Humaniora
Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Berpotensi Diperpanjang Lagi

MI/M. Irfan
Pagar kawat berduri terpasang untuk mengalihkan arus kendaraan di tengah ancaman demonstrasi.

 

KEBIJAKAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah diperpanjang sampai Minggu (25/7) ini, kemungkinan kembali melanjutkan diperpanjang.

Pada Minggu sore, pemerintah diketahui akan kembali mengumumkan langkah lebih lanjut dari PPKM. Adapun pembatasan mobilitas di wilayah Jawa-Bali sudah dilakukan sejak 3 Juli 2021.

Mengingat, angka harian covid-19 masih di atas 45 ribu kasus per hari. Sejauh ini, sudah 3,12 juta orang di Indonesia yang terpapar covid-19.

Baca juga: Presiden Sebut Rumah Oksigen Kurangi Beban Rumah Sakit

Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA membenarkan kabar perpanjangan PPKM tersebut. Namun, dia enggan menyebutkan durasi perpanjangan PPKM.

"Iya (PPKM diperpanjang). Sore ini diumumkan. Kasus masih tinggi," ujar Safrizal saat dikonfirmasi, Minggu (25/7).

Pada Sabtu (24/7) malam, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan arahan kepada jajaran pimpinan di Jawa-Bali, serta kementerian atau lembaga (K/L) terkait untuk menindaklanjuti peningkatan kasus kematian covid-19 dalam sepekan terakhir.

Baca juga: Soal Varian Lambda, Warga Harus Patuh Prokes & Segera Vaksinasi

“Dari hasil penelitian tim di lapangan, angka kematian meningkat karena beberapa faktor. Seperti, kapasitas RS yang sudah penuh, pasien yang ketika datang saturasinya sudah buruk, serta meninggal karena tidak terpantau ketika melakukan isolasi mandiri di rumah,” ungkap Luhut.

Pemerintah secara berkala menerapkan pemantauan angka kematian dengan kerangka yang mencakup jumlah kasus kematian sudah divaksin, kasus komorbid, klasifikasi usia, ketersediaan akses terhadap obat-obatan, perawatan oksigen, pentahapan penyakit dan paparan terhadap badai sitokin, serta lokasi kematian.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

MI/Koresponden

KLHK Tingkatkan Antisipasi Karhutla di Sejumlah Wilayah

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:54 WIB
BMKG mengungkapkan bahwa cuaca panas akan terjadi sepanjang Mei 2022. KLHK akan meningkatkan kewaspadaan munculnya kebakaran...
MI/ MOH IRFAN

Bali Bisa Jadi Percontohan Implementasi Pembanngunan Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:39 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa Provinsi Bali bisa menjadi percontohan dalam aktualisasi sustainable developement dan...
Ist/Kemendes PDTT

Kejar Ketertinggalan, Gus Halim: Pengelolaan RSNU Harus Profesional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 10:16 WIB
Pengelolaan Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) selama ini relatif tertinggal dibandingkan dengan penyelenggara layananan Kesehatan milik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya