Senin 19 Juli 2021, 08:59 WIB

Korsel Kirimkan Bantuan Konsentrator Oksigen dan Ventilator untuk Indonesia

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Korsel Kirimkan Bantuan Konsentrator Oksigen dan Ventilator untuk Indonesia

MI/Dok Kedubes Korsel untuk Indonesia
Serah terima bantuan konsetrator oksigen dari pemerintah Korsel untuk Indonesia.

 

PEMERINTAH Korea Selatan (Korsel) memberikan bantuan kepada Pemerintah Indonesia yang sedang menghadapi situasi darurat akibat langkanya ketersediaan konsentrator oksigen dan ventilator di tengah meningkatnya penyebaran covid-19.

Bantuan kemanusiaan berupa peralatan medis yang akan diberikan kepada Pemerintah Indonesia itu antara lain 350 unit konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator. Rencananya, bantuan tersebut akan didatangkan secara bertahap.

Sebanyak 200 unit konsentrator oksigen telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (18/7) merupakan bantuan tahap pertama. Sedangkan, sisa bantuan lainnya direncanakan tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

Baca juga: Tiga Bahan Alami Efektif Terapi Pasien Covid-19

Tahun ini, Pemerintah Korsel telah mengucurkan dana sebesar US$4 juta untuk membantu Pemerintah Indonesia sebagai wujud kerja sama dalam meningkatkan kapasitas penanggulangan covid-19.

Program-program kerja sama tersebut meliputi pemberian peralatan tes PCR dan test kit antigen untuk meningkatkan kapasitas pengetesan, pelaksanaan program peningkatan sumber daya tenaga kesehatan, serta pemberian bantuan penanggulangan penyebaran covid-19 di daerah-daerah terpencil, termasuk pulau-pulau terluar.

Duta Besar Korsel untuk Indonesia Park Tae-sung menyatakan tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi pandemi covid-19 ini seorang diri.

Menurutnya, situasi covid-19 ini seharusnya dihadapi dengan membangun solidaritas dan kerja sama internasional.

Park kemudian menegaskan komitmen Korsel, yang merupakan mitra strategis khusus bagi Indonesia, untuk senantiasa berjuang bersama Indonesia untuk mengakhiri covid-19. Harapannya, melalui bantuan ini, Korsel setidaknya turut andil mengamankan jumlah konsentrator oksigen di Indonesia.

Pemerintah Korsel akan terus-menerus bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk bersama-sama menangani covid-19 di Indonesia, termasuk memberikan bantuan-bantuan kemanusian lainnya. (RO/OL-1)

Baca Juga

Medcom

Dunia Usaha Komit Jalani Bisnis Berkelanjutan

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 21 Januari 2022, 17:09 WIB
“Harapannya Forum CSR Indonesia dapat menjadi wadah solusi, data, dan ide bagi para perusahaan yang ingin membuat program CSR yang...
Ist

Dua Universitas Digandeng Waskita Karya untuk Program Magang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:34 WIB
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan dua universitas di Malang, Jawa Timur, dalam rangka pembukaan Program...
DOK KEMEN PPPA

UPTD PPA Diperlukan untuk Beri Perlindungan bagi Perempuan dan Anak

👤Mohamad Farhan Zhuhria 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:31 WIB
Menteri Bintang menuturkan untuk mendukung pelaksanaan dua fungsi baru KemenPPPA, keberadaan UPTD PPA dibutuhkan mulai dari tingkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya