Senin 21 Februari 2022, 12:52 WIB

Yayasan Temasek Singapura Donasikan 697 Ventilator untuk Indonesia

Mediaindonesia.com | Internasional
Yayasan Temasek Singapura Donasikan 697 Ventilator untuk Indonesia

MI/Dok Sinar Mas Sumbe
Ilustrasi

 

Yayasan Temasek Singapura memberikan bantuan berupa 697 unit ventilator Yuwell YH-830 Bi-Level PAP dan 1 juta masker KN95 kepada TNI dan Polri guna membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Chief Executive Temasek Foundation International Benedict Cheong dalam sambutan saat penyerahan bantuan, Senin menyampaikan pandemi Covid-19 masih ada, karenanya kerja sama antar berbagai pihak masih dibutuhkan. Diperlukan komunitas yang kuat untuk dapat terus menghadapi pandemi Covid-19.

Dari bantuan 697 unit ventilator, sebanyak 418 ventilator diserahkan kepada TNI dan 279 unit kepada Polri. Dan dari 1.000.000 masker, TNI menerima sebanyak 600.000 masker dan 400.000 masker lainnya diserahkan kepada Polri.

Penyerahan bantuan diselenggarakan secara hybrid, dihadiri Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Wakil Asisten Operasi TNI Marsekal Pertama TNI Kustono, Sekretaris NCB-Interpol Indonesia Divhubinter Polri Brigjen Pol Amur Chandra Juli Buana, serta jajaran tinggi dari masing-masing institusi.

Dubes Suryo Pratomo menyatakan perjuangan melawan Covid-19 belum usai. Seperti yang ditekankan Presiden Joko Widodo bahwa dibutuhkan kolaborasi berbagai pihak untuk hadapi pandemi. "Saya berterima kasih atas upaya yang tiada henti dari Yayasan Temasek untuk selalu memberikan dukungan bagi Indonesia," kata Dubes Tommy.

Menurut Dubes Tommy, pemberian bantuan kepada TNI dan Polri sangat tepat dikarenakan peranan dua institusi besar, sebagai ujung tombak yang terjun langsung membantu penanganan Covid-19 dan percepatan vaksinasi di masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu Abdul Kadir Jailani menyampaikan dibutuhkan pemulihan yang inklusif dan berkelanjutan post-pandemi Covid-19, maka upaya bersama adalah hal yang akan selalu dibutuhkan. Ia menyampaikan, Yayasan Temasek menunjukkan dukungan yang konkret bagi Indonesia. "(pemberian bantuan) ini menunjukkan solidaritas dan kedekatan hubungan kerja sama antara pemerintah dan rakyat Indonesia dan Singapura", kata Dirjen Abdul Kadir.

Waasops Pang TNI Mrasma TNI Kustono menyampaikan bantuan peralatan medis diberikan pada saat yang tepat di tengah meningkatnya kasus Covid-19 varian omikron di Indonesia.

Sementara itu Brigjen Polisi Amur Chandra Juli Buana menekankan, bantuan akan didistribusikan kepada berbagai rumah sakit di Indonesia dan masker akan diperuntukkan bagi para frontliner.

Bantuan yang diberikan Yayasan Temasek bernilai lebih dari 200 miliar Rupiah.

Sejak awal pandemi, Yayasan Temasek dan Pemerintah Singapura menunjukkan solidaritas dan kerja sama yang erat dengan memberikan berbagai bantuan penanganan Covid-19 untuk Indonesia. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Sydney Dikepung Banjir, Ribuan Warga Dievakuasi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:55 WIB
Sejumlah pusat evakuasi telah dibuka di beberapa titik di wilayah Sydney. Warga pun diminta lebih waspada dan membatalkan rencana...
AFP

Warga Ohio Turun ke Jalan Protes Penembakan Lelaki Kulit Hitam oleh Polisi

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:50 WIB
Jayland ditemukan tewas di area parkir mobil. Berdasarkan investigasinya tidak ada bukti Walker sempat melepaskan tembakan ke arah...
Bagus SARAGIH / AFP

Rusia Kuasai Lysychansk

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:38 WIB
Pengambilalihan Lysychansk oleh Rusia berarti Moskow telah memenangkan kendali atas seluruh wilayah Luhansk serta lebih dari setengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya